Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei P40 Pro yang Dijual di Indonesia Mendukung 5G, Bisakah Dipakai?

Kompas.com - 13/04/2020, 09:12 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya, P40 Pro, di Indonesia, Jumat (10/4/2020). Ponsel ini menggunakan SoC Kirin 990 yang sudah mendukung jaringan 5G.

Padahal, hingga saat ini operator seluler di Indonesia belum resmi menyediakan akses jaringan 5G, antara lain karena regulasi yang mengatur penggunaannya masih belum diterbitkan.

Huawei sendiri menonaktifkan fungsi 5G di P40 Pro sehingga ponsel tersebut hanya bisa menggunakan teknologi jaringan maksimal hingga 4G LTE saja.

Baca juga: Melihat Sosok P40 Pro, Smartphone Terbaru Huawei di Indonesia

"Kami mengunci frekuensi di luar 4G LTE mengikuti anjuran pemerintah. Jadi kami hanya menampilkan frekuensi 4G saja pada P40 Pro," tutur Menurut Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia, Lo Khing Seng, lewat live streaming usai acara peluncuran P40 Pro.

Menurut Khing Seng, jikapun nanti Huawei P40 Pro versi Indonesia dibawa ke luar negeri, smartphone itu tetap tidak akan bisa tersambung ke jaringan 5G.

Meski kemampuan 5G-nya dipangkas, P40 memiliki fitur andalan lain di sektor fotografi dan videografi. Kamera depannya yang berjumlah dua buah (32 MP f/2.2, ToF) kini termuat di dalam punch hole dan sudah mendukung autofocus.

Kamera belakangnya berjumlah empat buah yang terdiri dari kamera utama (wide) 50 MP (RYYB, f/1.9, OIS), kamera telephoto 12 MP (f/3.4, 5x optical zoom, OIS), kamera ultra wide 40 MP (f/1.8), dan kamera ToF.

Baca juga: Ditinggal Google, Huawei Kehilangan Pendapatan Rp 196 Triliun

Sistem operasinya menggunakan Android 10 berlapis antarmuka EMUI 10.1. Namun, lantaran Huawei masih masuk dalam daftar hitam entity list AS, P40 Pro tidak memiliki layanan dan aplikasi Google seperti Gmail, Google Maps, hingga Play Store. 

Huawei membuka pre-order P40 Pro di Indonesia pda 11 April hingga 17 April 2020 lewat kanal ritel offline, berikut e-commerce Lazada, Shopee, JD.id, dan Blibli.com. Ponsel dengan empat kamera belakang dan dua kamera depan ini dijual seharga Rp 14.499.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com