Peluncuran Emoji Baru pun Tertunda karena Virus Corona

Kompas.com - 13/04/2020, 15:16 WIB
Ilustrasi 62 emoji baru yang akan dirilis di 2020, dari penelusuran Emojipedia. blogemojipedia.orgIlustrasi 62 emoji baru yang akan dirilis di 2020, dari penelusuran Emojipedia.

KOMPAS.com - Wabah virus corona kembali memberikan dampak negatif bagi dunia teknologi, khususnya bagi pengguna smartphone yang suka berekspres dengan emoji. Peluncuran emoji-emoji baru bakal tertunda akibat pandemi Covid-19.

Unicode Consortium selaku badan standardisasi emoji, menyampaikan bahwa update Emoji 14.0 yang sedianya bakal dirilis pada Maret 2021, mundur enam bulan menjadi September 2021.

Batas waktu pengajuan emoji-emoji baru yang bakal disertakan pada versi 14 bagi developer juga diundur, menjadi paling lambat September 2020.

Baca juga: Emoji Dua Telapak Tangan Menempel, Berdoa atau Tos High Five?

Mark Davis selaku Presiden Konsorsium mengatakan, "Tahun ini kami tidak bisa menjanjikan jadwal sesuai dengan yang telah diumumkan sebelumnya."

Melalui keterangan tertulis di blog resminya, Unicode Consortium menyatakan bahwa penundaan tersebut diakibatkan oleh pandemi virus corona yang tengah melanda dunia.

"Karena Covid-19, kami memutuskan untuk menunda pembaruan Unicode 14.0 selama enam bulan ke depan, dari semula Maret menjadi September 2021," tulis Unicode Consortium.

Bersamaan dengan pernyataan tersebut, Unicode Consortium juga mengumumkan keterlambatan peluncuran update Emoji versi 13.

Emoji-emoji baru yang seharusnya hadir pada Maret lalu, baru bakal tersedia pada akhir tahun ini, sekitar Oktober - September 2020. (Baca juga: Deretan Emoji Baru di 2020, Ada Bubble Tea hingga Ninja)

"Emoji baru biasanya akan muncul di smartphone sekitar bulan September atau Oktober -beberapa platform lain mungkin lebih dulu merilisnya," tulis Unicode.

Penundaan tersebut dikarenakan karena para pengembang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyertakan emoji ke smartphone-smartphone baru.

Baca juga: Gboard Bisa Kirim Stiker dari Hasil Gabungan Emoji

Di antara deretan emoji versi ke-13 ini terdapat emoji tangan Italia, ninja, boba, anatomi tubuh manusia, hewan, makanan hingga bendera transgender, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (13/4/2020).



Sumber 9to5mac
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X