Menengok Perubahan "Stik" PlayStation dari PS1 hingga PS5

Kompas.com - 13/04/2020, 20:02 WIB
Sejumlah controller PS dari masa ke masa IGNSejumlah controller PS dari masa ke masa

KOMPAS.com - Tak terasa sudah 25 tahun PlayStation ( PS) hadir di tengah industri game dunia. Dalam kurun waktu tersebut, konsol game besutan Sony ini telah mengalami banyak perubahan, tak terkecuali pada "stik" alias controller untuk mengendalikan game di layar.

Dilihat dari perkembangannya, Sony mengawali evolusi controller PS dari tahun 1994 hingga Maret 2020, ketika stik PS5 diperkenalkan. Perangkat kendali tersebut perlahan-lahan mengalami perubahan desain dan penambahan fitur dari generasi ke generasi.

Baca juga: Sony Ungkap Wujud DualSense, Controller Baru untuk PS5

Nah, seperti apa perjalanan stik PS yang akrab dengan kaum gamer? Berikut ini rangkumannya dari masa ke masa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IGN Southeast Asia, Senin (13/4/2020)

Controller PlayStation generasi pertama

Controller pertama PlayStationWikipedia/Evan-Amos Controller pertama PlayStation

Sony pertama kali meluncurkan konsol dan controller PlayStation generasi pertama pada tahun 1994 di Jepang. Desain stik yang terinspirasi dari Super Nintendo Entertainment System (SNES) tersebut memiliki handle yang memanjang di sisi kanan dan kiri untuk pegangan tangan.

Controller generasi pertama ini telah mengusung tombol arah (D-pad) dan beragam tombol aksi berbentuk segitiga, bulat, silang, dan persegi yang kelak identik dengan konsol PlayStation.

Baca juga: Sony Ungkap Cara Menyebut Tombol X yang Benar di PlayStation

Menurut perancang controller pertama PS, Teiyu Goto,  ada makna tersembunyi dibalik bentuk-bentuk tombol aksi tersebut.

Bentuk bulat dan silang merepresentasikan pilihan "ya" dan "tidak", bentuk persegi yang menyerupai kertas diartikan sebagai menu sedangkan tombol segitiga dianalogikan sebagai tombol sudut pandang. Sony juga telah menghadirkan tombol L1, R1, L2,dan R2 di sisi atas.

PlayStation Dual Analog Controller

PlayStation Dual Analog ControllerWikipedia/Bollinger PlayStation Dual Analog Controller

Dirilis pada  tahun 1997 PlayStation Dual Analog Controller masih mengusung desain yang relatif mirip dengan controller generasi pertamanya.

Hanya saja, ada tambahan dua joystick analog yang dirancang khusus untuk memainkan game seperti  MechWarrior 2, Ace Combat 2, dan Colony Wars.

Joystick diaktifkan dengan menekan tombol "Analog" di bagian tengah yang turut dilengkapi lampu indikator berwarna merah.

DualShock

Wujud DualShock, controller PS1Amazon Wujud DualShock, controller PS1

Masih di tahun 1997, Sony meluncurkan sebuah controller baru yang diberi nama DualShock. Bentuknya mirip dengan Dual Analog Controller, tapi di dalamnya ada sepasang motor yang akan menggetarkan stik sesuai dengan aksi yang terjadi di dalam game.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X