Kulkas Jadi Perkakas Elektronik Paling Diminati Selama WFH

Kompas.com - 14/04/2020, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Samsung baru saja meluncurkan tiga perkakas elektronik (digital appliances) terbarunya di Indonesia, lewat peluncuran produk digital yang digelar lewat Hangouts Meet, Selasa (14/4/2020) pagi. 

Ketiga perangkat tersebut bisa dibilang hadir dari segmen yang berbeda, yakni pembersih pakaian (air dresser), pembersih udara (air purifier), serta pendingin ruangan (air conditioner).

Meski demikian, pihak Samsung mengungkapkan bahwa perangkat segmen kulkas (refrigerator) justru paling laku ketimbang kategori produk lainnya, pada masa work from home (WFH) ini. Hal itu ditambah oleh faktor menjelang bulan Ramadhan.

Baca juga: 3 perkakas Elektronik Baru Samsung Masuk Indonesia, Bisa Dikontrol dengan Ponsel

"Dengan kondisi seperti sekarang (Covid-19), konsumen lebih banyak stay at home, kemudian banyak yang membeli stok makanan, apalagi persiapan untuk bulan puasa," tutur Head of Home Appliances Business SEIN, Michael Adisuhanto, di sela peluncuran produk. 

Michael Adisuhanto, Head of Home Appliances Business Samsung Electronics Indonesia, di sela peluncuran produk digital appliances terbaru Samsung yang digelar secara online, Selasa (14/4/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Michael Adisuhanto, Head of Home Appliances Business Samsung Electronics Indonesia, di sela peluncuran produk digital appliances terbaru Samsung yang digelar secara online, Selasa (14/4/2020).

"Sehingga, permintaan untuk kulkas boleh dibilang yang paling naik untuk saat ini," imbuhnya.

Namun, Michael tidak membeberkan angka permintaan kulkas Samsung secara mendetail, atau nilai kontribusi penjualan kulkas terhadap keseluruhan kategori digital appliances yang dijual oleh Samsung di Indonesia.

Michael kemudian melanjutkan bahwa kategori air purifier juga sebenarnya turut dilirik oleh masyarakat Indonesia kala WFH, meski jumlahnya mungkin tidak sebanyak refrigerator.

Hal itu disebabkan lantaran konsumen Tanah Air saat ini cenderung mencari produk yang ada hubungannya dengan kesehatan dan kebersihan. Walhasil, permintaan produk semacam itu juga turut naik. 

Baca juga: Kulkas Pintar Terbaru Samsung Bisa Diperintah dengan Suara

Terkait permintaan produk, Samsung memastikan bahwa stok serta distribusi perangkat elektronik dan home appliance yang dipasarkan di Indonesia tetap aman, meski wabah Covid-19 melanda.

Bahkan, Samsung mengklaim bahwa pihaknya sudah memprediksi jumlah permintaan dan sudah menyiapkan stok produk digital appliances hingga enam bulan ke depan. 

"Untuk distribusi sendiri sementara ini belum ada masalah. Kami sudah prepare untuk forecast hingga tiga sampai enam bulan ke depan, jadi semoga supply kami tidak ada masalah," tutur Michael.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.