TikTok Sudah Diunduh 1 Miliar Kali di Android

Kompas.com - 15/04/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi logo TikTok The VergeIlustrasi logo TikTok


KOMPAS.com
- Aplikasi berbagi video pendek TikTok telah populer sejak awal 2019. Namun, tampaknya masa pandemi Covid-19 ini menggiring TikTok mencapai puncak kepopulerannya.

Sejak virus corona mewabah dan akses keluar rumah mulai dibatasi, banyak orang yang bekerja dari rumah, dan mengakses TikTok sebagai salah satu media hiburan mereka.

Bahkan hingga akhir Maret 2020 lalu, jumlah download (unduhan) TikTok di platform Android saja, atau di Google Play Store, telah menembus 1 miliar dalam skala global, seperti pada tangkapan layar di bawah ini.

 

Jumlah unduhan TikTok saat wabah covid-19androidpolice.com Jumlah unduhan TikTok saat wabah covid-19

Sebelumnya, pada Februari 2019 aplikasi bikinan pengembang China, ByteDance itu juga sudah mencapai total unduhan 1 miliar, namun berasal dari gabungan download di dua platform, yaitu Android (Play Store) dan iOS (App Store).

Baca juga: YouTube Siapkan Pesaing TikTok

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu diketahui dari data yang dihimpun oleh firma analisis, SensorTower di situs mereka. Menurut data SensorTower, jumlah unduhan 1 miliar tersebut berasal dari versi lite dan versi variasi regional TikTok.

Karena jumlah penggunaannya yang meningkat secara signifikan, startup China itu mulai menurunkan resolusi streaming pada platformnya. Pengguan TikTok di Eropa tidak bisa menonton video dalam resolusi HD selama satu bulan, mulai 21 Maret lalu.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir konsumsi bandwith yang mengakibatkan internet berjalan lambat. Meski demikian, pengguna tetap bisa mengunggah video mereka dalam kualitas maksimal.

Selain meminimalisir konsumsi bandwith saat pandemi Covid-19, TikTok juga menggelontorkan dana sumbangan total 375 juta dollar AS (sekitar Rp 5,9 triliun) untuk memerangi pandemi covid-19.

Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mendapatkan donasi tersebut. TikTok menyalurkan donasi Rp 100 miliar kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membantu penyediaan alat medis yang dibutuhkan tenaga kesehatan di Tanah Air.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.