Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE Generasi Kedua Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Kompas.com - 16/04/2020, 06:30 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lama ditunggu, iPhone SE (2020) akhirnya resmi diluncurkan pekan ini. Ponsel termurah dari Apple tersebut merupakan penerus dari iPhone SE generasi pertama keluaran 2016.

SVP Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, mengungkapkan bahwa iPhone SE pertama dulu merupakan model yang populer di kalangan konsumen lantaran menawarkan kombinasi "ukuran kecil, kinerja tinggi, dan harga terjangkau".

Baca juga: iPhone SE 2016 Vs iPhone SE 2020, Apa Saja Bedanya?

“iPhone SE generasi kedua dibangun berdasarkan landasan tersebut dan menerapkan peningkatan di semua aspek,” ujar Schiller dalam laman pengumuman di situs Apple.

Tampang iPhone SE generasi kedua mirip iPhone 8, dengan layar Retina HD True Tone berukuran 4,7 inci dan tombol home yang merangkap sebagai pemindai sidik jari Touch ID di bingkai bagian bawahnya.

Seperti iPhone 8 pula, iPhone SE generasi kedua sudah tahan air dengan sertifikasi IP67 dan memiliki punggung berlapis kaca untuk mendukung pengisian baterai secara nirkabel.

iPhone SE baru memang sekaligus menggantikan posisi iPhone 8 di jajaran produk smartphone Apple.

Harganya dipatok mulai 399 dollar AS (Rp 6,3 juta), lebih murah dibandingkan iPhone 8 yang dihargai mulai 450 dollar AS (Rp 7,1 juta) hingga hari Rabu kemarin sebelum digantikan iPhone SE.

Baca juga: iPhone SE 2020, Bodi Mirip iPhone 8 tapi Otak iPhone 11

Spesifikasi iPhone SE generasi kedua

Apple iPhone SE generasi kedua keluaran 2020Apple Apple iPhone SE generasi kedua keluaran 2020
Meski lebih murah, spesifikasi iPhone SE lebih canggih dibandingkan dengan iPhone 8.

Ponsel terbaru Apple ini ditenagai SoC A13 Bionic yang sama dengan milik iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Sementara, iPhone 8 hanya mengandalkan chip A11 Bionic yang tertinggal dua generasi.

Berbeda dari lini iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, iPhone SE hanya dibekali kamera tunggal di punggung, dengan resolusi 12 megapiksel (f/1.8) yang mampu merekam video 4K 60 FPS dan foto dalam mode portrait.

Baca juga: iPhone SE 2020 Bisa Pakai Casing iPhone 7 dan 8

“Ini adalah kamera tunggal terbaik kami untuk merekam foto dan video yang bagus, sambil tetap mempertahankan harga yang sangat terjangkau,” klaim Schiller, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cult of Mac, Kamis (16/4/2020).

Di bagian depan, iPhone SE mengandalkan sebuah kamera FaceTime dengan resolusi 7 megapiksel.

Ilustrasi iPhone SE generasi kedua keluaran 2020Apple Ilustrasi iPhone SE generasi kedua keluaran 2020
Fitur lain termasuk dukungan fast charging 18 watt via kabel Lightning yang diklaim mampu mengisi baterainya hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

Selain versi dasar berbanderol 399 dollar AS yang memiliki memori internal 64 GB, iPhone SE juga ditawarkan dalam varian 128 GB seharga 449 dollar AS (sekitar Rp 7,1 juta dengan kurs hari ini) dan 256 GB dengan harga 549 dollar AS (sekitar Rp 8,7 juta).

Baca juga: Ini Harga iPhone SE 2020 di Singapura dan Hong Kong

Apple akan mulai membuka pre-order iPhone SE pada 17 April, sementara pengirimannya akan dilakukan pada 24 April mendatang.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi iPhone SE, iPhone 5S dan iPhone 6S

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com