Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2020, 09:39 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone SE generasi kedua (2020) boleh saja ponsel terbaru dari Apple, tapi desain fisiknya lawas dan serupa dengan iPhone 7 dan iPhone 8 keluaran beberapa tahun lalu.

Kemiripan ini ternyata memberikan keuntungan tersendiri. iPhone SE 2020 dipastikan kompatibel alias bisa memakai aksesori casing untuk iPhone 7 dan iPhone 8.

Baca juga: iPhone SE Generasi Kedua Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Calon pembelinya pun tak perlu pusing mencari casing karena sudah tersedia banyak di pasaran. Apalagi kalau sebelumnya sudah memiliki aksesori dimaksud. 

Tampilan luar iPhone SE sendiri bisa dibilang memang identik dengan iPhone 8. Kedua ponsel sama-sama mengusung layar IPS LCD Retina HD True Tone seluas 4,7 inci dan tombol home yang merangkap sebagai pemindai sidik jari Touch ID di bingkai bagian bawahnya.

iPhone SE pun tahan air dengan sertifikasi IP67 dan memiliki punggung berlapis kaca untuk mendukung pengisian baterai secara nirkabel.

Perangkat ini sebenarnya juga mendukung fast charging hingga 18 watt. Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (16/4/2020), Apple hanya menyelipkan charger dengan keluaran daya 5 watt di kemasan iPhone SE 2020.

Di punggung iPhone SE 2020 terdapat kamera tunggal beresolusi 12 MP, sementara kamera depannya memiliki resolusi 7 MP.

Baca juga: iPhone SE 2020, Bodi Mirip iPhone 8 tapi Otak iPhone 11

Seperti iPhone SE generasi pertama sebelumnya yang memiliki tampang mirip iPhone 5 tapi jeroan setara iPhone 6S, iPhone SE 2020 yang mirip iPhone 8 pun dibekali dapur pacu serupa kepunyaan iPhone 11, yakni chip Apple A13 Bionic.

Selain versi memori internal 64 GB yang dibanderol 399 dollar AS (Rp 6,3 juta), iPhone SE juga menawarkan varian 128 GB seharga 449 dollar AS (Rp 7,1 juta) dan 256 GB dengan harga 549 dollar AS (Rp 8,7 juta).

Baca juga: Ini Harga iPhone SE 2020 di Singapura dan Hong Kong

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com