Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli dan Terima Ponsel di Rumah agar Lebih Aman

Kompas.com - 16/04/2020, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Himbauan pemerintah untuk bekerja dan belajar di rumah terus digaungkan saat pandemi Covid-19.

Agar aman dari penularan virus corona, masyarakat yang ingin membeli kebutuhan sehari-hari atau perangkat pendukung bekerja/belajar bisa menggunakan layanan online atau jasa pesan-antar.

Meski demikian, konsumen ada yang tetap khawatir saat menerima kiriman barang pesanan di rumah. Alasannya, keraguan soal kesehatan kurir pengirim barang dan kebersihan paket serta isinya.

Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, layanan logistik pun menerapkan langkah-langkah tambahan untuk menjaga kebersihan kurir atau staf pengirim barang, termasuk dengan memberikan instruksi untuk menaruh barang kiriman di luar pintu agar menghindari kontak langsung. 

Baca juga: Berikut Cara Aman Terima Paket, Bagaimana Membersihkannya dan Potensi Penularan Virus Corona

Siasat serupa juga diterapkan oleh vendor ponsel yang menyediakan jasa antar-barang ke rumah, demi meminimalisir risiko penularan.

Vivo, misalnya, memiliki layanan "Antar ke Rumah" yang telah mengikuti standar kebersihan dan keamanan mulai dari proses pengemasan hingga barang tiba di tujuan.

Kotak penjualan Vivo V19 yang sedang dibersihkan.Vivo Kotak penjualan Vivo V19 yang sedang dibersihkan.
Produk dan kantong belanja terlebih dahulu melalui proses disinfeksi sebelum dikirim ke rumah pembeli.

Staf Vivo yang mengirimkan barang pun mengecek suhu badan dan mencuci tangan sebelum berangkat.

Baca juga: CEO Vivo Indonesia Beri Dukungan untuk Indonesia Lawan Pandemi Virus Corona

Staf home delivery Vivo akan mengenakan masker saat tiba di tujuan, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak aman 1 meter.

"Kami berusaha memastikan semua produk yang sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik dan bersih,” tutur Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (16/4/2020).

Antar ke Rumah sejak Maret

Vivo sudah menggelar layanan "Antar ke Rumah" sejak akhir Maret lalu. Seperti namanya, calon konsumen ponsel Vivo kini cukup menghubungi tim representatif lewat telepon untuk melakukan pembelian.

Staf Vivo yang bertugas akan memberikan mengenai produk yang diinginkan, berikut waktu dan metode pengiriman, dilanjutkan dengan konfirmasi pembayaran.

Alur pembelian ponsel vivo lewat layanan Antar ke Rumah.Vivo Alur pembelian ponsel vivo lewat layanan Antar ke Rumah.

Untuk pengiriman dalam radius kurang dari 15 km, konsumen bisa memilih pengiriman pada hari yang sama, apabila pembayaran sudah terkonfirmasi sebelum pukul 15.00.

Sementara itu, apabila radius jarak pengiriman lebih dari 15 km, tersedia jasa pengiriman paket seperti JNE, Tiki, SiCepat, dan lain-lain.

Baca juga: Vivo V19 Bisa Dibeli Tanpa Datang ke Toko

Layanan home delivery Vivo ini  telah menjangkau beberapa provinsi di pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Nusa Tenggara Timur.

Calon pembeli ponsel Vivo bisa mengunjungi tautan berikut untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai layanan Antar ke Rumah, berikut daftar Vivo Store yang berpartisipasi serta nama representatif dan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

“Kami berharap dengan adanya layanan ini konsumen tetap aman berada di rumah. Kami akan
terus berusaha menyesuaikan dan meningkatkan layanan program ini ke depannya dengan
melihat kondisi yang berkembang di masa pandemi ini.” pungkas Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com