TV QLED 8K Terbaru Samsung Meluncur dengan Layar "Infinity"

Kompas.com - 16/04/2020, 16:17 WIB
Samsung QLED 8K TV terbaru, Q950TS SamsungSamsung QLED 8K TV terbaru, Q950TS

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan jajaran TV QLED 8K terbarunya pada hari ini, Kamis (16/4/2020). Salah satu di antaranya adalah seri TV Q950TS, yang memiliki bingkai tipis dengan rasio layar ke bodi sebesar 99 persen.

Karena terlihat nyaris tanpa bingkai layar, Samsung menyebutnya sebagai layar "infinity" atau tanpa batas. Panel TV QLED Samsung Q950TS bahkan hanya memiliki ketebalan 15 mm saja. Bezel hitam Black Matrix yang biasa dijumpai di sekeliling layar TV juga dihilangkan.

Hadir dalam ukuran 65, 75, dan 85 inci, TV QLED 8K Samsung Q950TS mendukung AI Upscaling berbasis Quantum Prosesor 8K. Berbeda dengan AI Upscaling sebelumnya, prosesor gambar terbaru ini diklaim mampu menciptakan tampilan lebih baik dan noise lebih sedikit.

Baca juga: Huawei Rilis TV OLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Untuk menunjang aspek kualitas suara, Q950TS dibekali dengan 6 buah speaker bawaan dan telah mengusung teknologi OTS+ yang diklaim mampu menghadirkan kualitas suara dengan lantang dan jelas.

Lini TV QLED 8K ini nantinya juga dapat menjalankan game dengan refresh rate 60 Hz pada resolusi 8K, dan 120 Hz pada resolusi 4K. Tak ketinggalan, fitur Game Surround Sound pun hadir untuk menghasilkan suara yang lebih realistis. 

Q950TS juga mendukung berbagai perangkat smartphone seperti Android dan iOS dengan fitur MultiView, yang memungkinkan pengguna menampilkan layar smartphone ke TV. Artinya, pengguna bisa menonton dua layar sekaligus.

TV QLED 8K Q950TS ini juga telah mendukung asisten digital seperti Alexa, Google Assistant dan Bixby. Pengguna pun dapat mengoperasikan TV ini dengan asisten digital yang telah terpasang.

Lalu ada pula teknologi Digital Butler, sebuah fitur yang mampu menghubungkan TV dengan berbagai perangkat elektronik rumahan lain, seperti kulkas hingga AC.

Baca juga: Smart TV Xiaomi, Turun Harga dan Sudah Bisa Netflix

“Beragamnya jajaran QLED 8K TV 2020 kami membuktikan potensi yang dapat dicapai oleh teknologi yang didukung AI," ujar Jongsuk Chu, EVP of Visual Display Business, Samsung Electronics dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (16/4/2020).

"Segmen ini siap untuk tumbuh beriringan dengan ukuran layar, dan jumlah fitur yang mereka miliki pun kini berkembang pesat,” lanjut Jongsuk.

Meski telah dikenalkan, namun Samsung belum memberikan detail mengenai tanggal peluncuran ataupun harga TV QLED 8K terbarunya ini, terutama tentang ketersediannya di pasar Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X