Google Sediakan Tempat Khusus Aplikasi Edukasi Anak di Play Store

Kompas.com - 17/04/2020, 10:29 WIB
ilustrasi section Teacher Approved pada Google Play Store techcrunch.comilustrasi section Teacher Approved pada Google Play Store
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -  Google meluncurkan section khusus bernama "Kids" pada Google Play Store, berisi aplikasi edukasi yang ditujukan untuk anak-anak.

Section itu dihadirkan Google guna membantu para orangtua untuk mencari aplikasi
yang sesuai dengan kebutuhan belajar bagi buah hatinya.

Section Kids merupakan bagian dari program " Teacher Approved". Aplikasi-aplikasi di dalamnya memenuhi standar kecocokan untuk anak yang ditetapkan oleh Google, serta mendapat rating tinggi dari para guru.

Baca juga: Awas, Aplikasi Kartu Prakerja Palsu Bertebaran di Play Store

Aplikasi pada section "Teacher Approved" akan dikelompokkan berdasarkan usia mulai dari 5 tahun, 6-8 tahun hingga 9-12 tahun.

Karena baru digulirkan bagi pengguna di Amerika Serikat, maka diketahui bahwa lebih dari 200 guru di AS yang telah memenuhi persyaratan Google berkontribusi dalam meninjau dan melakukan penilaian dalam program "Teacher Approved" tersebut.

Retelah AS, section Kids akan menyusul dirilis untuk Play Store di wilayah-wilayah negara lain dalam beberapa bulan ke depan. Google awalnya berniat meluncurkannya di kemudian waktu tahun ini, tapi rencana tersebut dipercepat karena wabah Covid-19 melanda.

"Kami memutuskan untuk menggulirkan program Teacher Approved lebih awak karena ada banyak anak di rumah sekarang. Guru-guru berupaya mengulas aplikasi secepat mungkin, tapi butuh waktu untuk review semuanya," tulis Google dalam sebuah posting blog.

Para guru dalam section "juga memberikan saran dan rekomendasi kepada para orangtua untuk mengunduh aplikasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sang anak.

Baca juga: Ratusan Cerita Anak dalam Bentuk Audio Tersedia Gratis di Audible

Untuk membuat kerangka kerja pada aplikasi yang akan direkomendasikan untuk anak, Google pun turut bekerja sama dengan para pakar akademis yaitu Joe Blatt dari Harvard Graduate School of Education dan Dr. Sandra Calvert dari Universitas Georgetown.

Pada aplikasi juga terdapat panel yang melibatkan para guru untuk melakukan penilaian yang disesuaikan dengan berbagai aspek seperti ketepatan usia, kualitas aplikasi, dan penilaian apakah anak-anak dapat menikmati aplikasi tersebut.

Dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (17/4/2020), Google mengatakan bahwa setidaknya akan ada sekitar 1.000 aplikasi yang telah disetujui oleh guru pada section Kids di Play Store.



Sumber TechCrunch
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X