Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Kapasitas RAM dan Baterai iPhone SE 2020?

Kompas.com - 17/04/2020, 14:29 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone SE generasi teranyar beberapa hari lalu. Bahasa desain ponsel ini senada dengan iPhone 8, namun chip yang diusung serupa dengan iPhone 11 (A13 Bionic).

Meski telah resmi diumumkan, namun ada beberapa spesifikasi iPhone SE 2020 yang masih misterius, seperti kapasitas RAM dan baterai. Apple biasanya memang tidak suka mengungkap kedua informasi tersebut, bahkan saat di panggung acara peluncuran.

Namun baru-baru ini, sebuah dokumen yang terpampang di situs web China Telecom mengungkap kedua informasi yang masih disimpan rapat-rapat itu.

Baca juga: iPhone SE 2016 Vs iPhone SE 2020, Apa Saja Bedanya?

Dokumen ini mengklaim bahwa ketiga varian iPhone SE, yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB ternyata sama-sama dibekali dengan memori RAM 3 GB, dan baterai dengan kapasitas 1.821 mAh. 

Kapasitas RAM (kiri) dan baterai (kanan) iPhone SE 2020.ChinaTelecom Kapasitas RAM (kiri) dan baterai (kanan) iPhone SE 2020.

Kapasitas baterai iPhone SE yang terpampang pada gambar di atas sejatinya identik dengan iPhone 8, yang juga ditopang dengan daya baterai serupa (1.821 mAh). 

Meski memiliki daya baterai yang sama, iPhone SE disebut hanya mampu memutar video selama 13 jam dalam sekali pengisian penuh, lebih pendek satu jam dibanding iPhone 8 dengan durasi 14 jam.

Sementara untuk sektor memori, tak aneh apabila iPhone SE memang benar dipersenjatai dengan RAM 3 GB. Pasalnya, trio iPhone 11 yang notabene lebih mumpuni saja hanya mengusung memori RAM 4 GB.

Terlepas dari itu, iPhone SE generasi terbaru ini bisa dibilang merupakan produk yang paling dinanti oleh fanboy Apple, sejak generasi pertama ponsel tersebut diperkenalkan pada 2016 silam.

Apalagi, ponsel "murah" ini sudah dibekali dengan salah satu fitur ikonik iPhone, yakni Touch ID, dengan hardware yang setara iPhone 11.

Baca juga: Ini Harga iPhone SE 2020 di Singapura dan Hong Kong

iPhone SE sendiri mulai bisa dipesan 17 April, dan baru tersedia di sejumlah toko di 40 negara mulai 24 April mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Macrumors, Jumat (17/4/2020). 

Untuk harga iPhone SE 2020, jika mengacu harga di Amerika Serikat, dipatok di angka 399 dollar AS (Rp 6,2 juta), 449 dollar AS (Rp 7 juta), dan 549 dollar AS (Rp 8,4 juta) untuk varian 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Kendati demikian, informasi kapan iPhone SE generasi terbaru ini tersedia di Indonesia, dan berapa harganya, masih belum diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com