Waze Tampilkan RS Rujukan Covid-19 Terdekat

Kompas.com - 18/04/2020, 09:07 WIB
Ilustrasi Waze IstIlustrasi Waze

KOMPAS.com - Aplikasi navigasi Waze meluncurkan fitur terbaru untuk membantu pengguna di tengah wabah virus corona. Kini, pengguna Waze bisa melihat sejumlah rumah sakit ( RS) rujukan Covid-19 terdekat langsung dari peta.

Seluruh RS rujukan ini ditandai dengan ikon "tas dokter" di dalam kotak merah. Jika ternyata ada RS rujukan yang dekat dengan pengguna, maka ikon tersebut akan muncul dan bisa di-klik.

Pantauan KompasTekno di aplikasi Waze, Sabtu (18/4/2020), ikon RS rujukan ini sudah menghiasi peta, terutama di sejumlah wilayah DKI Jakarta. 

Baca juga: Google Maps Tandai Restoran yang Layani Pesan Antar Makanan

Tampilan RS rujukan Covid-19 yang muncul di peta Waze.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan RS rujukan Covid-19 yang muncul di peta Waze.

Setelah di-klik, akan muncul menu baru "Drive there". Menu tersebut akan menampilkan rute pejalanan yang direkomendasikan, dari posisi pengguna berada ke RS rujukan corona tersebut. 

Sebelum meng-klik tombol tadi, pengguna juga bisa mengklik ikon "i" yang terletak di sebelahnya. Tombol tersebut berfungsi untuk melihat beragam informasi tambahan, seperti alamat lengkap hingga nomor telepon RS yang hendak dituju.

Shortcut RS rujukan Covid-19 ini sendiri merupakan salah satu upaya Waze untuk mempermudah penggunanya mengakses segala informasi atau tempat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. 

Waze juga tidak sendirian. Mereka bekerja sama dengan beberapa kontributor, seperti lembaga pemerintah, serta basis pengguna Waze untuk menandai peta demi mempermudah pengguna lainnya. 

Baca juga: Apple Rilis Data Kerumunan Warga saat Pandemi Covid-19, Ada Jakarta dan Indonesia

Selain RS rujukan corona, dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Sabtu (18/4/2020).Waze juga bakal menerima masukan dari kontributor untuk menandai tempat-tempat penting lainnya, juga informasi terkait wabah Covid-19.

Informasi itu bisa berupa jalan yang ditutup (road closure) akibat penerapan PSBB, titik distribusi makanan, serta wilayah yang telah terdampak Covid-19.

Pengguna Waze bisa mengisi formulir Waze di tautan berikut untuk berkontribusi di tengah wabah Covid-19, dengan menandai tempat penting seperti rumah sakit, titik distribusi makanan, maupun informasi penutupan jalan.

Aplikasi Waze sendiri bisa dipasang di ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS. Untuk mengunduhnya, pengguna bisa mengunjungi tautan berikut ini (Android) atau tautan berikut ini (iOS).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X