Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Fortnite" Akhirnya Bisa Diunduh di Google Play Store

Kompas.com - 22/04/2020, 08:21 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah pengembang Epic Games memboikot Google Play Store selama kurang lebih 1,5 tahun, game battle royale "Fortnite" kini kembali hadir di platform Android.

Sebelumnya, pengguna yang ingin memainkan Fortnite di Android harus meng-install game tersebut melalui proses sideloading, atau mengunduh dari toko aplikasi pihak ketiga, bukan dari Play Store.

Alasan Epic Games akhirnya menghadirkan Fortnite di toko aplikasi Google Play Store adalah, aplikasi Fortnite yang disebarkan lewat toko aplikasi pihak ketiga ternyata tidak menguntungkan mereka.

Baca juga: Pendapatan Fortnite Pada 2019 Lampaui Industri Game

"Seperti pop-up yang terus muncul untuk mengunduh update, kesepakatan yang ketat dengan operator atau pihak manufaktur, dan Google menempatkan aplikasi pihak ketiga sebagai malware," tulis Epic Games.

Selain itu, Epic Games juga menyoroti Google Play Protect yang berhak memblokir aplikasi yang didapat dari luar Play Store.

"Karena itu, kami meluncurkan Fortnite untuk Android di Google Play Store. Kami akan terus
melanjutkan operasi Epic Games App dan Fortnite di luar Google Play," tulis Epic Games.

Pengembang game tersebut juga berharap Google mau mengubah kebijakan dan cara mereka berbisnis, agar semua pengembang bisa melakukan kegiatan komersil dengan konsumen di Android, tanpa harus melalui Play Store.

"Termasuk soal layanan pembayaran, agar bisa bersaing di level yang sama," pungkas Epic Games.

Sebelumnya, Epic Games memutuskan untuk tidak mendistribusikan Fortnite versi Android ke Google Play Store, lantaran Google dinilai tidak adil kepada para pengembang game. Fortnite juga bekerja sama dengan vendor ponsel Samsung dalam mendistribusikan game-nya.

Baca juga: Spesifikasi Minimum untuk Main Fortnite di Smartphone Android

Google Play Store sendiri mengambil pendapatan game secara keseluruhan sekitar 30 persen, sementara 70 persennya mengalir ke para pengembang.

Untuk diketahui, Fortnite sendiri merupakan game yang gratis untuk dimainkan. Meski begitu, Fortnite tetap meraih pendapatan yang berasal dari konten berbayar seperti kostum,
senjata, reaction, dance move, serta akses Battle Pass.

Game battle royale ini juga dapat dimainkan pada berbagai platform, seperti PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, Microsoft Windows, iOS, dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com