Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Minimum untuk Main "Fortnite" di Smartphone Android

Kompas.com - 22/04/2020, 13:47 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Epic Games

KOMPAS.com - Setelah kurang lebih 1,5 tahun, Epic Games akhirnya "melunak". Pengembang sekaligus publisher game Fortnite ini mengizinkan game besutannya melenggang di Google Play Store.

Game tersebut sebenarnya sudah bisa dimainkan sejak 2018 di beragam ponsel Android.

Hanya saja, pengguna harus memasangnya secara mandiri lewat situs Epic Games atau penyedia aplikasi pihak ketiga, bukan lewat Google Play Store.

Meski kini bisa dipasang dengan mudah lewat toko aplikasi resmi Android, ternyata tak semua ponsel bisa memainkan game ini. Sebab, ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk bermain Fortnite.

Berdasarkan informasi dari halaman resmi Epic Games, smartphone yang digunakan harus memiliki RAM sekurang-kurangnya 4 GB untuk bisa memainkan game tersebut.

Baca juga: Game Fortnite Akhirnya Bisa Diunduh di Google Play Store

Selain itu, prosesor (CPU) yang digunakan pun harus berarsitektur ARM64 (64 bit), dengan pengolah grafis minimal Adreno 530, Mali-G71 MP20, atau Mali-G72 MP12.

Untuk mengecek spesifikasi CPU dan GPU ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi semacam CPU-Z, Droid Hardware Info, Aida64, atau sejenisnya.

Prosesor 64 bit biasanya ditandai dengan nomor "64" yang tercantum di informasi "CPU Architecture" atau "Instruction Sets", jika menggunakan software Droid Hardware Info.

Ilustrasi spesifikasi CPU dan GPU bisa dilihat di gambar berikut.

Cara mengetahui jenis CPU dan GPU, serta ukuran file Fortnite di smartphone.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengetahui jenis CPU dan GPU, serta ukuran file Fortnite di smartphone.

Untuk kapasitas memori internal minimum, Epic Games tidak membeberkannya secara jelas. Namun, berdasarkan pantauan KompasTekno, setelah diinstal, game ini menghabiskan sekitar 7 GB kapasitas penyimpanan.

Baca juga: Epic Games Rilis Pembaruan untuk Atasi Lag di Fortnite

Fortnite hanya akan dapat dipasang pada ponsel dengan sistem operasi Android versi 8.0 (Oreo) atau yang lebih baru, misalnya Android 9.0 (Pie) atau Android 10, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi EpicGames, Rabu (22/4/2020).

Fortnite versi Android sendiri sudah bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut. Sementara versi iOS sudah tersedia sejak 2018 lalu dan bisa diunduh di sini

Selain Android dan iOS, game tersebut juga hadir di beberapa platform lain seperti PC, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Epic Games


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com