Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Hasil Jepretan Kamera Oppo Reno3 Pro

Kompas.com - 22/04/2020, 15:25 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo akhirnya merilis Reno 3 Pro sebagai "penyempurna" Reno3 yang dirilis beberapa waktu lalu. Secara spesifikasi, Reno3 Pro lebih unggul di atas kertas dibanding Reno3, misalnya dalam hal kamera.

Spesifikasi kamera ponsel ini sebenarnya tidak terlalu jauh beda dengan Reno3. Perbedaan ada di kamera utama, di mana Reno3 Pro dibekali kamera wide 64 MP (f/1.8). Sementara Reno3 hanya dibekali kamera utama 48 MP.

Tiga kamera lain konfigurasinya serupa, yakni telefoto 13 MP (f/2.4), 5x hybrid zoom 20x digital zoom, ultrawide 8 MP (f/2.2), dan mono 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Oppo Reno3 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

KompasTekno mendapat kesempatan menjajal lebih awal Oppo Reno3 Pro untuk memotret beberapa obyek di Eropa beberapa waktu lalu.

Kamera ultrawide yang memiliki bidang pandang 120 derajat, mampu menangkap luasnya panorama maupun deretan bangunan yang memanjang. Sementara kamera telefoto Reno3 Pro bisa membidik gambar dengan pembesaran optis 5x.

Tingkat zoom itu bisa diperjauh hingga 20x, kendati hasilnya tampak buram karena pembesaran digital. Meski begitu, rupa obyek masih terlihat cukup jelas, seperti gambar di bawah ini.

Hasil foto zoom Reno3 Pro menghasilkan foto yang cukup baik dengan perbesaran maksimal 20x secara digital. Meskipun ada noise, namun gambar masih terlihat.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Hasil foto zoom Reno3 Pro menghasilkan foto yang cukup baik dengan perbesaran maksimal 20x secara digital. Meskipun ada noise, namun gambar masih terlihat.
Perbedaan lain paling kentara ada di kamera depan. Jika Reno3 hanya dibekali 1 kamera saja, versi Pro memiliki kamera selfie ganda. Kamera selfie utama beresolusi 44 MP (f/2.4). Konfigurasi ini sama dengan yang ada di Reno3.

Kemudian, ada kemera dekan sekunder 2 MP (f/2.4) yang berfungsi sebagai depth sensor untuk memaksimalkan kualitas efek bokeh saat selfie dengan mode portrait.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Reno3 Pro di Indonesia

Dengan adanya dukungan hardware berupa kamera kedua ini, bokeh bisa dihasilkan lebih maksimal. Tak terkecuali saat malam hari atau di kondisi minim cahaya sebab Reno3 Pro memiliki fitur Ultra Selfie Night Mode.

Perbandingan foto selfie malam hari dengan mode normal (kiri) dan mode bokeh (kanan).
Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Perbandingan foto selfie malam hari dengan mode normal (kiri) dan mode bokeh (kanan).

Mode malam pada Reno3 Pro mampu menangkap warna-warna dengan cukup apik, meski di tengah kegelapan. Exposure pun sesuai sehingga gambar tidak overexposed.

Hanya saja, untuk obyek bergerak cukup sulit mengambil fokus gambar sehingga terkadang masih dijumpai noise. Seperti salah gambar parade di bawah ini.

Hasil foto menggunakan mode malam dari kamera Oppo Reno3 Pro. Warna dan gambar masih terlihat jelas meskipun ada sedikit noise saat membidik obyek bergerak. Mode malam juga meminimalisir overexposure pada hasil foto.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Hasil foto menggunakan mode malam dari kamera Oppo Reno3 Pro. Warna dan gambar masih terlihat jelas meskipun ada sedikit noise saat membidik obyek bergerak. Mode malam juga meminimalisir overexposure pada hasil foto.

Selain dark mode konvensional, Oppo Reno3 Pro juga dibekali mode lain bernama "ultra dark mode". Mode ini mampu menangkap gambar dalam kondisi yang lebih gelap dibanding dark mode konvensional.

Sayangnya, ultra dark mode tidak bisa diaktifkan secara manual, melainkan akan aktif secara otomatis ketika ponsel mendeteksi tingkat cahaya 1 lux atau setara dengan sebuah lilin di dalam ruangan gelap gulita.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Oppo Reno3 yang Tak Lagi Berkamera Pop-up

Reno3 Pro juga memiliki mode makro dengan jarak fokus minimum sebesar 3cm. Namun, mode ini pun tidak bisa diaktifkan secara manual seperti mode malam atau portrait, tapi lewat deteksi otomatis apabila jarak obyek cukup dekat.

Penasaran dengan kemampuan kamera Oppo3 Pro? Hasil jepretan selengkapnya dari ponsel ini bisa dilihat dalam galeri foto di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com