Sinyal 5G Sudah Hadir di Gunung Everest

Kompas.com - 23/04/2020, 10:14 WIB
Cuplikan video pemasangan BTS 5G di gunung Everest CGTNCuplikan video pemasangan BTS 5G di gunung Everest

KOMPAS.com - Teknologi seluler generasi ke-lima, 5G kini hadir di Gunung Everest. Tiga perusahaan telekomunikasi, China Mobile, China Unicom, dan China Telecom menghadirkan koneksi internet kencang di gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Ketiganya bekerja sama dengan Huawei, mulai membangun jalur transmisi sepanjang 177 km dari base camp di Gunung Everest ke jaringan utamanya. Hal itu diumumkan China Global Television Network (CGTN) melalui akun Weibo.

Tiga BTS telah selesai dibangun di base camp di ketinggian 5.300 dan 5.800 meter di atas permukaan laut (MDPL). Ketiga BTS tersebut diklaim menyediakan kecepatan download hingga 1 gigabit per detik.

Baca juga: Ancaman Tersembunyi di Balik Potensi Besar 5G

Dua BTS 5G lainnya rencananya akan selesai pembangunannya pada 25 April, di ketinggian 6.500 MDPL.

Dirangkum KompasTekno dari South China Mornig Post, Kamis (23/4/2020), sinyal yang dipancarkan kedua BTS itu bakal menyelimuti puncak Gunung Everest di ketinggian 8.848 MDPL.

Perusahaan telekomunikasi China bisa memasang BTS-nya di Gunung Everest sebab sebagian wilayah gunung tertinggi di dunia itu masih berada di wilayah China. Perbatasan China-Nepal sepanjang 1.414 km juga melewati puncak gunung Everest.

Baca juga: Kominfo Ungkap Tiga Opsi Frekuensi untuk 5G di Indonesia

Sebelumnya, dikutip KompasTekno dari GSM Arena, base camp Gunung Everest sudah terjangkau sinyal seluler 3G sejak 2010 lalu, memungkinkan panggilan video (video call) dilakukan dari sana.

Kemudian pada 2014, China Mobile baru memasang BTS 4G di base camp Gunung Everest, dan mendemonstrasikan live streaming video dalam kualitas HD (720p).

Beberapa perusahaan operator seluler China memang telah meluncurkan layanan 5G komersial awal 2019 lalu. Kini, di China sudah ada lebih dari 160.000 BTS 5G, yang mencakup lebih dari 50 kota di China.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X