Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wabah Virus dan 15 Ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan

Kompas.com - 23/04/2020, 11:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, nama Bill Gates ramai dibicarakan. Pendiri Microsoft ini dituding merupakan biang keladi dari penyebaran virus corona baru yang telah menyebar ke seluruh dunia.

Tudingan tersebut bermula dari ramalan atau prediksi Bill Gates pada tahun 2015, lima tahun sebelum virus corona mewabah. Saat itu, ia menyebut bakal ada sebuah virus yang akan menjadi pandemi dan menyusahkan penduduk dunia.

Virus itu, disebut Bill Gates, lebih berbahaya dibanding peluru kendali dan bisa membunuh puluhan juta orang. Lima tahun berselang, prediksi itu benar-benar menjadi kenyataan.

Baca juga: Bill Gates, Ramalan Jitu Wabah Virus, dan Vaksin Anti-corona

Selain prediksi soal wabah virus, Gates ternyata pernah mengeluarkan sejumlah prediksi yang beberapa di antaranya menjadi kenyataan.

Prediksi tersebut tertuang dalam buku berjudul ''Business @ the Speed of Thought'' yang ditulis Bill Gates dan beredar pada tahun 1999. Di dalamnya ada 15 prediksi Gates ihwal perkembangan teknologi masa depan.

Kala itu, wacana Gates yang tertuang dalam buku tersebut terdengar tak mungkin. Kini, sejumlah prediksi Bill Gates benar-benar jadi nyata. Berikut 15 ramalan Gates yang dimaksud.

1. Harga barang dapat dibandingkan lewat situs internet

Gates sudah meramalkan hadirnya situs-situs penjualan online, semacam Amazon atau Tokopedia, yang memungkinkan pengguna mengetahui harga barang tertentu. Situs seperti NexTag dan PriceGrabber bahkan sengaja dibuat untuk membandingkan harga barang. Tepat seperti apa yang dibeberkan Gates.

2. Kehadiran gadget

Gates mengatakan di bukunya bahwa suatu hari manusia bakal membawa perangkat kecil ke mana pun bepergian. Perangkat itu berfungsi menghubungkan sesama manusia, mengakses berita, melihat informasi penerbangan, dan berbisnis. Kini, tepat seperti perkiraan Gates, hampir semua masyarakat modern tak lepas dari perangkat pintar. Baik itu ponsel pintar, tablet, atau yang terbaru adalah arloji pintar.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 1985 Kini Jadi Kenyataan

3. Pembayaran cepat melalui internet

"Orang bakal membayar tagihan dan mengatur keuangan melalui internet," begitu tertera pada kutipan buku yang ditulis Gates. Perkataan Gates terbukti lewat layanan pembayaran semacam PayPal, GoPay, Ovo dan lainnya.

4. Asisten personal dan Internet of Things (IoT)

Gates memastikan bahwa asisten personal yang digodok dengan kemampuan teknologi, bakal berkembang dan menemani hidup manusia. Saat ini, asisten digital berbasis suara, seperti Google Assistant dan Apple Siri, telah mengimplementasikan ramalan Gates.

5. Monitor rumah yang terhubung internet

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com