Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersandung Autofokus, Galaxy S20 Ultra Hanya Urutan Ke-6 di DxOMark

Kompas.com - 23/04/2020, 12:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Situs benchmark kamera DxOMark baru-baru ini merilis ulasan lengkap kinerja fotografi ponsel flagship terbaru buatan Samsung, Galaxy S20 Ultra. 

Berdasarkan laporan tersebut, Galaxy S20 Ultra ternyata hanya mampu menduduki posisi keenam dalam daftar kamera ponsel terbaik versi DxOMark, dengan skor keseluruhan 122 poin.

Skor yang diperoleh ponsel tersebut belum mampu menyaingi sejumlah ponsel flagship terbaru bikinan perusahaan China. Beberapa di antaranya seperti Huawei P40 Pro (128 poin), Oppo Find X2 Pro (124 poin), hingga Xiaomi Mi 10 Pro (124 poin).

Baca juga: Huawei P40 Pro Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Lantas, mengapa bisa kalah?, Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki skor foto sebesar 132 poin dan video 102 poin.  Meski skor foto terbilang cukup tinggi, salah satu yang menjadi kelemahan Galaxy S20 Ultra adalah kinerja autofocus dan zoom pada kamera ponsel tersebut. 

Performa autofocus di ponsel ini sendiri, menurut DxOMark belum bisa digunakan secara maksimal di kondisi pencahayaan yang minim (low-light) lantaran tergolong lambat di kelasnya.

"Waktu yang diperlukan untuk mengunci fokus lebih lama dibandingkan yang kami biasa lihat dari ponsel-ponsel teratas lain," tulis DxOMark, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (23/4/2020).

Sementara untuk kinerja zoom, gambar yang dihasilkan dinilai kurang tajam, namun masih memiliki detail warna yang baik.

Terlepas dari beberapa kekurangan tersebut, hasil jepretan Galaxy S20 Ultra secara keseluruhan dinilai cukup baik. Kualitas warna yang ditampilkan pun disebut mendekati aslinya.

Detail hasil jepretan lainnya, seperti dynamic range dan noise, juga diklaim terbaik di kelasnya.

Baca juga: Galaxy S20 Ultra Dikeluhkan Boros Baterai dan Cepat Panas

Lalu, bagaimana untuk perekaman video? Dengan skor 102 poin tadi, kinerja perekaman video di Galaxy S20 Ultra terbilang cukup konsisten dengan tingkat warna dan noise yang rendah, meski di kondisi minim cahaya. 

Hanya saja, DxOMark menyebut fitur penstabil video terkadang kurang efektif ketika ponsel tersebut dipakai untuk merekam di kondisi indoor.

Galaxy S20 Ultra sendiri dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera telefoto (periskop) 48 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera 3D ToF.

Baca juga: Samsung Rilis Update untuk Perbaikan Kamera Trio Galaxy S20 di Indonesia

Ada kemungkinan kinerja autofokus low light Galaxy S20 Ultra bisa ditingkatkan melalui update firmware. Lewat pembaruan beberapa waktu lalu, misalnya, kinerja autofokus Galaxy S20 Ultra dilaporkan meningkat saat kondisi terang, meskipun masih sedikit pelan di low light.

Update terakhir menyangkut kamera Galaxy S20 Ultra disalurkan pada awal April 2020. Tak dijelaskan apakah pengujian DxOMark dilakukan setelah memasang pembaruan tersebut atau tidak.

Untuk melihat ulasan kamera Galaxy S20 Ultra versi DxOMark secara lengkap, Anda bisa mengunjungi tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com