Tersandung Autofokus, Galaxy S20 Ultra Hanya Urutan Ke-6 di DxOMark

Kompas.com - 23/04/2020, 12:07 WIB
Kamera belakang Galaxy S20 Ultra. KOMPAS.com/Bill ClintenKamera belakang Galaxy S20 Ultra.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Situs benchmark kamera DxOMark baru-baru ini merilis ulasan lengkap kinerja fotografi ponsel flagship terbaru buatan Samsung, Galaxy S20 Ultra. 

Berdasarkan laporan tersebut, Galaxy S20 Ultra ternyata hanya mampu menduduki posisi keenam dalam daftar kamera ponsel terbaik versi DxOMark, dengan skor keseluruhan 122 poin.

Skor yang diperoleh ponsel tersebut belum mampu menyaingi sejumlah ponsel flagship terbaru bikinan perusahaan China. Beberapa di antaranya seperti Huawei P40 Pro (128 poin), Oppo Find X2 Pro (124 poin), hingga Xiaomi Mi 10 Pro (124 poin).

Baca juga: Huawei P40 Pro Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Lantas, mengapa bisa kalah?, Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki skor foto sebesar 132 poin dan video 102 poin.  Meski skor foto terbilang cukup tinggi, salah satu yang menjadi kelemahan Galaxy S20 Ultra adalah kinerja autofocus dan zoom pada kamera ponsel tersebut. 

Performa autofocus di ponsel ini sendiri, menurut DxOMark belum bisa digunakan secara maksimal di kondisi pencahayaan yang minim (low-light) lantaran tergolong lambat di kelasnya.

"Waktu yang diperlukan untuk mengunci fokus lebih lama dibandingkan yang kami biasa lihat dari ponsel-ponsel teratas lain," tulis DxOMark, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (23/4/2020).

Sementara untuk kinerja zoom, gambar yang dihasilkan dinilai kurang tajam, namun masih memiliki detail warna yang baik.

Terlepas dari beberapa kekurangan tersebut, hasil jepretan Galaxy S20 Ultra secara keseluruhan dinilai cukup baik. Kualitas warna yang ditampilkan pun disebut mendekati aslinya.

Detail hasil jepretan lainnya, seperti dynamic range dan noise, juga diklaim terbaik di kelasnya.

Baca juga: Galaxy S20 Ultra Dikeluhkan Boros Baterai dan Cepat Panas

Lalu, bagaimana untuk perekaman video? Dengan skor 102 poin tadi, kinerja perekaman video di Galaxy S20 Ultra terbilang cukup konsisten dengan tingkat warna dan noise yang rendah, meski di kondisi minim cahaya. 

Halaman:


Sumber DxOMark
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X