XL Perkuat Jaringan di Permukiman selama Ramadhan dan Lebaran

Kompas.com - 23/04/2020, 16:11 WIB
Logo XL Axiata KOMPAS.com/ OIK YUSUFLogo XL Axiata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan melarang masyarkat untuk keluar rumah.

Jelang Ramdhan dan Idul Fitri tahun ini, pemerintah kemudian melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Kebijakan ini menjadi salah satu alasan XL Axiata untuk fokus meningkatkan kapasitas layanan datanya di area pemukiman.

Kendati demikian, menurut Plt Chief Techology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, pihaknya masih tetap akan melakukan optimasi jaringan di jalur mudik meski tidak seperti tahun lalu.

"Optimasi jaringan di jalur mudik tetap kami lakukan meski tidak sebanyak tahun lalu. Sekarang peningkatan kapasitas kami pindahkan ke area residensial agar warga yang tidak bisa mudik," tutur I Gede dalam konferensi pers yang digelar secara online, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: XL Axiata Prediksi Trafik Data Naik 20 Persen Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Ia juga mengatakan bahwa setiap masa mudik, XL Axiata menerapkan melakukan optimasi jaringan dan layanan data ke daerah yang sering dipenuhi pemudik, dan mengurangi layanan data di Jakarta.

Namun, karena Ramadhan tahun ini berbeda, maka XL akan lebih memprioritaskan wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kami prioritaskan berdasarkan data analitik, kenapa saya bilang Jakarta, karena sumber pemudik yang paling besar itu dari Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, BSD dll," tutur I Gede.

Meskipun demikian, XL juga tetap memperkuat layanannya di jalur mudik, salah satunya memperkuat layanan di wilayah rest area yang tersedia. 

Selain itu, XL Axiata juga memprediksi akan adanya peningkatan penggunaan layanan data pada saat Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X