Instagram Tandai Akun Milik Pengguna yang Sudah Meninggal

Kompas.com - 23/04/2020, 17:14 WIB
Ilustrasi Logo Instagram Hollywood ReporterIlustrasi Logo Instagram

KOMPAS.com - Sama seperti Facebook, Instagram juga akan memberikan tanda pada akun-akun milik pengguna yang sudah meninggal dunia.

Keberadaan tanda tersebut, pertama kali diketahui oleh programmer Jane Manchun Wong.

Dari temuan Jane, tanda tersebut muncul pada bagian bawah akun ketika halaman profil dibuka. Tanda bertuliskan "remembering" itu serupa dengan milik Facebook.

Pihak Instagram pun membenarkan hal tersebut. Menurut juru bicara Instagram, Liza Crenshaw, pihaknya memang mempercepat pembuatan tanda tersebut agar segera bisa dirilis kepada pengguna.

"Kami telah mengerjakan pembaruan ini selama beberapa waktu, ini adalah salah satu fitur yang kami percepat selama Covid-19 untuk membantu komunitas selama masa-masa sulit," ungkap Liza.

Keluarga yang ditinggalkan, juga bisa meminta Instagram untuk menandai akun milik anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

Baca juga: Pendiri Instagram Bikin Situs Deteksi Covid-19 yang Beda dari Lainnya

Untuk melaporkan agar akun tersebut diberi tanda, pengguna cukup menghubungi Instagram melalui tautan berikut.

Nantinya, Instagram akan meminta sejumlah bukti dan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa pemilik akun tersebut telah meninggal dunia. 

"Kami perlu bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel berita, untuk menjadikan akun sebagai kenangan," tulis Instagram.

Dengan tanda tersebut, akun milik pengguna yang sudah meninggal tidak akan dihapus oleh Instagram.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BuzzFeed
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X