Huawei Lagi-lagi Klaim Jepretan DSLR sebagai Hasil Foto Ponselnya

Kompas.com - 24/04/2020, 15:01 WIB
ilustrasi Huawei user businessinsider.comilustrasi Huawei user

KOMPAS.com - Huawei lagi-lagi kena kritik soal foto dalam iklan. Perusahaan teknologi asal China itu disebut mengklaim foto hasil jepretan kamera DLSR sebagai hasil foto kamera smartphone buatannya.

Keramaian itu bermula dari sebuah iklan lomba fotografi yang tersebar di platform jejaring sosial asal China, Weibo. Dalam iklan kompetisi tersebut, Hauwei menampilkan beberapa foto dalam sebuah video.

Baca juga: Huawei Patenkan 2 Desain Ponsel Layar Geser

Foto-foto itu diklaim diambil dari smartphone Huawei. Namun, salah satu pengguna Weibo dengan nama akun Jamie-Hua mengaku menemukan kejanggalan.

Ada beberapa foto yang pernah ia lihat sebelumya. Ia pun mencari tahu asal mula foto yang ada di video tersebut.

Hua menemukannya di situs kurasi foto 500px. Dalam situs itu disebutkan bahwa gambar diambil menggunakan kamera Nikon D850 DSLR.

Tangkapan layar salahs atu pengguna Weibo yang membeberkan beberapa foto di dalam video promosi kontes fotografi Huawei, diambil menggunakan kamera DSLR bukan smartphone Huawei.GSM Arena Tangkapan layar salahs atu pengguna Weibo yang membeberkan beberapa foto di dalam video promosi kontes fotografi Huawei, diambil menggunakan kamera DSLR bukan smartphone Huawei.

Keterangan foto diperkuat dengan data EXIF yang menunjukan informasi serupa, bukan diambil dari salah satu smartphone Huawei.

Baca juga: Huawei Gelar Layanan Kirim Ponsel dan Servis Antar Jemput ke Rumah

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Jumat (24/4/2020), setelah ketahuan,  Huawei meminta maaf dan mengaku bahwa editor fotonya telah "salah menandai foto" sehingga tampak seolah diambil dengan ponsel besutannya.

Huawei lantas mengunggah ulang video tersebut dengan menghapus kalimat yang mengklaim bahwa gambar-gambar itu berasal dari smartphone, lalu berjanji akan lebih berhati-hati di masa mendatang.

Ini bukan kali pertama Huawie ketahuan mengklaim hasil jepretan kamera DSLR sebagai hasil foto ponselnya. Beberapa tahun lalu, dalam sebuah iklan Nova 3 di Mesir, Huawei juga mengklaim foto selfie diambil dari kamera ponsel tersebut.

Baca juga: Huawei Ketahuan Pakai Kamera DSLR untuk Iklankan Foto Selfie

Usut punya usut, ternyata hasil swafoto berasal dari kamera DSLR. Kasus ini terungkap karena sang bintang iklan mengunggah foto-foto di balik layar (behind the scene) saat proses shooting ke akun Instagram miliknya.

Huawei juga pernah memamerkan hasil foto dari kamera DSLR full-frame Canon 5D Mark III di galeri sampel foto smartphone P9 pada 2016.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X