Indosat Tingkatkan Kapasitas Layanan Data Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Kompas.com - 24/04/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi Indosat Ooredoo Kompas.com/Wahyunanda KusumaIlustrasi Indosat Ooredoo

KOMPAS.com - Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, operator seluler Indosat melakukan sejumlah persiapan.

Indosat mengatakan bahwa pihaknya meningkatkan kapasitas layanan data hingga 60 persen dibanding hari biasa.

Hal tersebut dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang turut meningkat. Sebab, Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Indosat memprediksi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, trafik keseluruhan akan meningkat sebesar 20 persen dibandingkan dengan hari normal.

"Melihat situasi terkini, di mana kebutuhan telekomunikasi pelanggan meningkat saat pergerakan terbatas, kami berupaya memastikan jaringan tetap optimal baik di perkotaan maupun pedesaan," ungkap Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, dalam keterangan resmi kepada KompasTekno, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Indosat Rilis Paket Freedom Kuota Harian 1 GB per Hari

Menurutnya, kebijakan pemerintah yang menganjurkan masyarakat agar tetap berada di dalam rumah juga membuat trafik meningkat.

Trafik data Indosat meningkat 24 persen dari hari biasa, dan trafik panggilan telepon pun turut terdongkrak sekitar 11 persen.

Adapun aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan antara lain YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Pihak Indosat mencatat, peningkatan ini terjadi di wilayah Jabodetabek, dan sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Indosat juga mengoptimalkan jaringan datanya di area permukiman di wilayah Jabotabek.

Meski pemerintah melarang mudik di tahun ini, Indosat masih memperkuat jaringan di sejumlah titik tujuan mudik seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Jember, sampai dengan Banyuwangi.

Baca juga: Indosat Bagikan Rp 1,5 Juta untuk Karyawan yang Bekerja dari Rumah

Adapun sejumlah daerah di luar Jawa seperti Lampung, Pekanbaru, Palembang, Medan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar.

Selama bulan Ramadhan, Indosat mengatakan akan terus memantau kualitas jaringan dan layanan di lebih dari 400 titik di Indonesia melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X