Animal Crossing Pecahkan Rekor Penjualan Game Digital di Konsol

Kompas.com - 24/04/2020, 17:08 WIB
Ilustrasi game Animal Crossing: New Horizons NintendoIlustrasi game Animal Crossing: New Horizons

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang berdiam diri di rumah dan bermain video game sebagai hiburan. Lembaga riset pasar SuperData pun mencatat belanja game digital pada Maret 2020 mencapai 10 miliar dollar AS.

Di bulan tersebut, game Animal Crossing: New Horizons yang baru dirilis beberapa waktu lalu untuk konsol Nintendo Switch memecahkan rekor penjualan game digital dengan angka 5 juta kopi, lebih tinggi dari game konsol manapun sepanjang sejarah.

Baca juga: Mengenal Animal Crossing: New Horizons, Game Populer di Tengah Pandemi Covid-19

Animal Crossing: New Horizons menumbangkan pemegang rekor sebelumnya, Call of Duty: Black Ops III. Angka yang dicatat Animal Crossing: New Horizons sebanding dengan gabungan penjualan Super Smash Bros. Ultimate dan Pokémon Sword and Shield di bulan pertama.

"Kombinasi fitur sosial dan setting yang membuat santai (di Animal Crossing: New Horizons) agaknya merupakan kombinasi menarik buat pada individu yang stuck di rumah," sebut Super Data dalam laporannya.

Di Animal Crossing, pemain dapat melakukan berbagai hal mulai dari membangun rumah, memancing, menggali, menangkap serangga, dan berinteraksi dengan tetangga sekitar. Desain karakternya sengaja dibuat agar lucu dan menggemaskan.

Menyusul Animal Crossing, game pendatang baru, DOOM Eternal, juga dikabarkan sedang naik daun. Game hasil remake ini sukses meraup keuntungan dengan menjual tiga juta kopi game, melewati pendapatan seri game DOOM sebelumnya.

Baca juga: Game FPS Doom: Eternal Resmi Dirilis

Untuk game mobile Candy Crush Saga masih menempati posisi teratas sebagai judul yang paling banyak meraup pendapatan pada Maret kemarin.

Beberapa waktu lalu, King selaku pembuat Candy Crush Saga memberikan "nyawa" tambahan kepada para pemainnya. Dengan begitu, para pemain tak perlu takut kehilangan "nyawa" ketika gagal menyelesaikan babak dalam Candy Crush Saga.

Selain kedua game di atas, kehadiran Half-Life: Alyx juga mendapat respon positif. Dirangkum KompasTekno dari situs  SuperData, Jumat (24/4/2020), game PC berbasis VR (virtual reality) ini sukses menggaet 860.000 pemain selama periode Maret lalu.



Sumber SuperData
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X