Ini Dia, Negara yang Punya Gamer Terhebat di Dunia

Kompas.com - 25/04/2020, 03:29 WIB
Ilustrasi game PUBG. KOMPAS.com/ RAJA UMARIlustrasi game PUBG.

KOMPAS.com - Bermain game kini tidak sesulit dulu. Saat ini, bermain game dapat dilakukan melalui berbagai macam platform, mulai dari konsol, PC, hingga pada smartphone.

Aktivitas bermain game yang awalnya ditujukan sebagai hiburan pun telah bertransformasi menjadi cabang olahraga baru bernama e-sports.

Kehadiran e-sports kemudian memicu para pemain game di dunia untuk unjuk diri dalam sebuah pertandingan adu bermain game, mulai dari skala nasional hingga internasional.

Melihat hal tersebut, perusahaan pengembang sekaligus penerbit game asal Inggris, Kwalee, melakukan riset untuk menemukan negara mana yang memiliki pemain game paling hebat di dunia.

Riset tersebut dilakukan dengan mengumpulkan data dari situs speedrun.com. Situs tersebut menyediakan data berisi jumlah penghargaan yang diterima oleh pemain game di seluruh dunia.

Baca juga: Game Fortnite Akhirnya Bisa Diunduh di Google Play Store

Situs tersebut berisi data berbagai judul game, jumlah pemain, hingga jumlah pencapaian yang pernah dibuat oleh setiap pemain.

Kwalee mengumpulkan sebanyak lebih dari 42.000 data pencapaian pemain dari 16.000 judul game.

Kwalee menghitung jumlah keseluruhan skor pencapaian (achievement) yang diperoleh semua pemain dari satu negara.

Kemudian hasil yang sudah didapat akan dibagi dengan jumlah populasi yang dimiliki oleh negara tersebut untuk mendapatkan jumlah rata-rata. Jumlah rata-rata itulah yang kemudian dijadikan acuan untuk menetapkan peringkat.

Dirangkum KompasTekno dari Ladible, Sabtu (25/4/2020), Kwalee menobatkan Finlandia sebagai negara yang memiliki gamer paling handal di dunia. Kanada dan Swedia pun menyusul di posisi kedua dan ketiga.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Ladbible
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X