Apple iPad Kuasai Pasaran Tablet Global

Kompas.com - 26/04/2020, 08:26 WIB
iPad Pro 2018 cnet.comiPad Pro 2018
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Baru-baru ini firma riset pasar Strategy Analytics merilis data pertumbuhan pasar industri tablet secara global pada periode tahun 2019, yang dikategorikan berdasarkan merek Application Processor (AP).

Laporan tersebut berfokus pada pangsa pasar industri prosesor pembuat chip seperti Apple, MediaTek, Qualcomm, Intel, dan Samsung yang disematkan pada tablet. Apple berhasil menguasai 44 persen pangsa pasaran tglobal pada tahun 2019.

Dengan kata lain, lini iPad buatan Apple adalah tablet paling laris di dunia pada tahun 2019. Sebab, chip A-Series buatan Apple hanya dipakai di perangkat tablet iPad buatan Apple sendiri.

Baca juga: Apple Luncurkan iPad Pro 2020 Berkamera Ultrawide, Ini Harganya

Setelah Apple, posisi selanjutnya ditempati oleh Qualcomm dan Intel yang sama-sama memperoleh 16 persen pangsa pasar chip tablet global pada tahun 2019. Sisanya diduduki oleh MediaTek dan Samsung dengan menyumbang 24 persen pangsa pasar AP tablet global.

Data Pertumbuhan Pangsa Pasar Industri Tablet Global tahun 2019phonearena.com Data Pertumbuhan Pangsa Pasar Industri Tablet Global tahun 2019


Strategy Analytics memperkirakan bahwa pasar prosesor global meningkat di angka 2 persen dari tahun ke tahun yang mencapai 1,9 miliar US dollar (sekitar Rp 29,6 triliun) pada tahun 2019, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: iPad Jadi Barang Langka di China akibat Virus Corona

Di tahun 2019, Apple meluncurkan tiga tablet, termasuk generasi kelima dari iPad Mini dengan layar 7,9 inci. Perangkat yang diluncurkan pada bulan Maret 2019 lalu itu ditenagai oleh chip A12 Bionic SoC, serupa dengan yang diusung lini iPhone keluaran tahun 2018.

Apple sendiri sebenarnya tidak mengungkap berapa persisnya jumlah unit iPad yang terjual. Namun, data Strategy Analytics sudah menggambarkan bahwa iPad memang mendominasi di pasaran tablet, setidaknya pada tahun lalu.



Sumber phonearena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X