Xiaomi Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip?

Kompas.com - 26/04/2020, 14:25 WIB
Samsung Galaxy Z Flip saat dilipat. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOSamsung Galaxy Z Flip saat dilipat.

KOMPAS.com -Ponsel layar lipat belakangan menjadi kategori baru yang membuat ceruk sendiri di pasar papan atas. Pemainnya baru segelintir, seperti Samsung, Huawei, dan Motorola.

Belakangan, Xiaomi disinyalir berminat ikut terjun membuat ponsel dengan layar fleksibel yang bisa dilipat. Rumor yang beredar mengatakan bentuk perangkat itu bakal menganut desain clamshell mirip Samsung Galaxy Z Flip atau Motorola Razr.

Berbeda dari perangkat ponsel lipat generasi pertama yang ditekuk di sumbu vertikal seperti gerakan membuka dan menutup buku, Galaxy Z Flip dan Motorola Razr ditekuk di sumbu horizontal mirip ponsel flip jadul.

Baca juga: Xiaomi Bocorkan Tampilan Antarmuka MIUI 12 di Forum Online

Kabarnya, Xiaomi bahkan sudah meminta Samsung Display di Korea Selatan untuk memasok komponen layar OLED fleksibel seperti yang digunakan di Galaxy Z Flip.

Samsung Display memang merupakan pabrikan layar ponsel lipat tersebut. Sementara, layar Motorola Razr diketahui bikinan dua perusahaan China, yakni BOE dan CSOT.

Ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshell.AndroidHeadlines Ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshell.
Selain Samsung Display, Xiaomi dikabarkan ikut mendekati LG Display, pabrikan yang membuat layar untuk ponsel lipat Huawei.

Produksi massal dari ponsel lipat Xiaomi ini -kalaupun memang benar ada- diperkirakan akan dimulai pada paruh kedua 2020, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Xiaomi Patenkan Dua Ponsel Lipat Mirip Huawei Mate X dan Motorola Razr

Masih belum ada informasi yang diketahui tentang spesifikasi dari ponsel lipat Xiaomi maupun harganya. Begitu pula dengan rancangannya yang masih belum jelas.

Namun, beberapa waktu lalu Xiaomi sempat diketahui mematenkan sejumlah desain ponsel lipat, termasuk yang memiliki desain clamshell serupa Galaxy Z Flip.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X