Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE 2020 dan iPhone 8 Dibongkar, Benarkah Identik?

Kompas.com - 27/04/2020, 08:28 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Apple merilis iPhone SE generasi kedua. Sekilas, penampilan iPhone SE 2020 sangat mirip dengan iPhone 8.

Ternyata tidak cuma bagian luar saja. Hampir semua komponen mesin dalam iPhone SE mirip dengan iPhone 8.

Hal itu terungkap dalam salah satu video yang diunggah salah satu kanal YouTube gadget asal China, yakni AA Tech. Jiang. YouTuber tersebut membongkar bodi iPhone 8 dan iPhone SE 2020.

Pertama kali mengangkat cangkang kedua ponsel, ditemukan tata letak komponen dalam yang sangat mirip. Seperti ukuran baterai, posisi heptic engine, motherboard, speaker, kamera, dan antena diletakan di posisi yang sama persis.

Ia kemudian melakukan eksperimen untuk membuktikan apakah komponen dua ponsel ini bersifat universal atau kompatibel satu sama lain.

Baca juga: Skor AnTuTu iPhone SE Kalah dari iPhone 11 meski Pakai Chip yang Sama

Pertama, ia mencoba memasang layar iPhone 8 ke mesin iPhone SE 2020. Layar ponsel pun menyala dengan normal.

"Itu artinya, komponen ini sangat universal," kata Jiang.

Belum puas dengan layar, ia pun mencoba memasang motherboard iPhone 8 ke iPhone SE. Namun, ia menemukan satu perbedaan kecil yakni konektor baterai.

Ternyata konektor baterai iPhone SE 2020 serupa dengan iPhone 11 yang ukurannya lebih besar dibanding iPhone 8. Ia pun harus menggunakan baterai iPhone 8 yang disambungkan ke konektor tersebut.

Hasil yang sama didapatkan, layar ponsel berhasil diaktifkan. Jiang kemudian mencoba beberapa fitur, seperti speaker dan heptic engine.

Baca juga: iPhone SE 2016 Vs iPhone SE 2020, Apa Saja Bedanya?

Fitur-fitur tersebut berfungsi dengan normal. Namun saat beranjak ke sektor kamera, ia menemukan bahwa kamera belakang iPhone 8 tidak universal dengan iPhone SE 2020.

Walhasil, kamera belakang tidak berfungsi normal. Pun halnya dengan lampu laser (flashlight). Karena masih penasaran, Jiang mencoba sekali lagi dari kamera depan. Ternyata kamera depan iPhone SE 2020 masih berfungsi dengan motherboard iPhone 8.

"Melalui serangkaian tes, kami menemukan bahwa hampir semua komponen bekerja secara universal, kecuali kamera belakang," jelasnya menyimpulkan eksperimennya.

Jiang mengatakan memang sebagian besar komponen iPhone SE sama dengan iPhone 8, tapi tidak untuk CPU.

Baca juga: Ini Harga iPhone SE 2020 di Singapura dan Hong Kong

Seperti diketahui, iPhone SE 2020 ditenagai chip bionic A13 yang lebih tinggi dibanding iPhone 8. Chip ini mengotaki lini iPhone baru lainnya, yakni iPhone 11.

Komponen yang universal satu sama lain ini memberikan keuntungan. Salah satunya adalah perangkat yang seharusnya mudah diperbaiki karena spare part mudah didapatkan.

Video Jiang membongkar iPhone SE dan iPhone 8 selengkapnya bisa disimak di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com