iPhone SE 2020 dan iPhone 8 Dibongkar, Benarkah Identik?

Kompas.com - 27/04/2020, 08:28 WIB
iPhone SE 2020. MacRumorsiPhone SE 2020.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Apple merilis iPhone SE generasi kedua. Sekilas, penampilan iPhone SE 2020 sangat mirip dengan iPhone 8.

Ternyata tidak cuma bagian luar saja. Hampir semua komponen mesin dalam iPhone SE mirip dengan iPhone 8.

Hal itu terungkap dalam salah satu video yang diunggah salah satu kanal YouTube gadget asal China, yakni AA Tech. Jiang. YouTuber tersebut membongkar bodi iPhone 8 dan iPhone SE 2020.

Pertama kali mengangkat cangkang kedua ponsel, ditemukan tata letak komponen dalam yang sangat mirip. Seperti ukuran baterai, posisi heptic engine, motherboard, speaker, kamera, dan antena diletakan di posisi yang sama persis.

Ia kemudian melakukan eksperimen untuk membuktikan apakah komponen dua ponsel ini bersifat universal atau kompatibel satu sama lain.

Baca juga: Skor AnTuTu iPhone SE Kalah dari iPhone 11 meski Pakai Chip yang Sama

Pertama, ia mencoba memasang layar iPhone 8 ke mesin iPhone SE 2020. Layar ponsel pun menyala dengan normal.

"Itu artinya, komponen ini sangat universal," kata Jiang.

Belum puas dengan layar, ia pun mencoba memasang motherboard iPhone 8 ke iPhone SE. Namun, ia menemukan satu perbedaan kecil yakni konektor baterai.

Ternyata konektor baterai iPhone SE 2020 serupa dengan iPhone 11 yang ukurannya lebih besar dibanding iPhone 8. Ia pun harus menggunakan baterai iPhone 8 yang disambungkan ke konektor tersebut.

Hasil yang sama didapatkan, layar ponsel berhasil diaktifkan. Jiang kemudian mencoba beberapa fitur, seperti speaker dan heptic engine.

Baca juga: iPhone SE 2016 Vs iPhone SE 2020, Apa Saja Bedanya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X