Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Smartphone dengan Kamera 600 Megapiksel

Kompas.com - 27/04/2020, 09:51 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi kamera smarphone diprediksi akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa vendor pun, termasuk Samsung, terus unjuk gigi melalui teknologi sensor kamera hingga ratusan megapiksel (MP).

Kali ini, Samsung secara resmi mengungkapkan bahwa mereka memiliki rencana untuk membuat sensor kamera dengan megapiksel tinggi. Besar resolusinya pun tak main-main, yakni mencapai 600 MP.

Rencana ini diungkapkan oleh EVP Head of Sensor Business Team, System LSI Business Samsung, Yongin Park dalam sebuah blog di Samsung Newsroom.

Menurut Yongin, rencana tersebut dilatarbelakangi oleh kemampuan mata manusia yang konon mampu melihat dan menangkap gambar dengan resolusi sekitar 500 MP. 

"Gambar yang kita lihat melalui kedua mata kita disebut setara dengan resolusi 500 MP. Kami sebagai pemain industri (sensor kamera) masih memiliki jalan yang panjang untuk bisa menandingi kemampuan tersebut," ujar Yongin.

Seperti diketahui, resolusi kamera yang besar juga bakal berpengaruh terhadap ukuran fisik sensor gambar yang diusung.

Di saat yang sama, ukuran sensor gambar smartphone agaknya harus menyesuaikan dengan bahasa desain perangkat agar bisa dimuat di dalamnya. 

Dengan kata lain, Samsung perlu menggodok teknologi sensor gambar yang lebih canggih untuk dapat membuat sensor kamera sebesar 600 MP.

Salah satunya bisa jadi dengan memperkecil ukuran setiap piksel di sensor gambar tersebut hingga nantinya bisa digabungkan dan menciptakan gambar dengan resolusi yang besar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamsungNewsroom, Senin (27/4/2020). 

Baca juga: Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Tren penggabungan piksel seperti ini sebenarnya sudah dipakai oleh Samsung Galaxy S20 Ultra. Ponsel tersebut dipersenjatai sensor Isocell Bright HM1 yang turut dibekali dengan teknologi penggabungan piksel "Nonacell".

Dengan teknologi tersebut, ponsel mampu menggabungkan sembilan piksel (3x3) menjadi satu piksel besar untuk menghasilkan gambar 12 MP yang kaya akan detail.

Meski demikian, Yongin tak mengumbar bagaimana sebenarnya pihaknya akan membuat sensor dengan resolusi sebesar itu. Detail waktu pengembangan sensor semacam ini juga tak dibeberkan olehnya. Kita nantikan saja.

Baca juga: Seperti Inilah Jeroan Kamera 108 MP dan Zoom 100X Galaxy S20 Ultra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com