Samsung Siapkan Smartphone dengan Kamera 600 Megapiksel

Kompas.com - 27/04/2020, 09:51 WIB
Ilustrasi sensor kamera Samsung. SamsungIlustrasi sensor kamera Samsung.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Teknologi kamera smarphone diprediksi akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa vendor pun, termasuk Samsung, terus unjuk gigi melalui teknologi sensor kamera hingga ratusan megapiksel (MP).

Kali ini, Samsung secara resmi mengungkapkan bahwa mereka memiliki rencana untuk membuat sensor kamera dengan megapiksel tinggi. Besar resolusinya pun tak main-main, yakni mencapai 600 MP.

Rencana ini diungkapkan oleh EVP Head of Sensor Business Team, System LSI Business Samsung, Yongin Park dalam sebuah blog di Samsung Newsroom.

Menurut Yongin, rencana tersebut dilatarbelakangi oleh kemampuan mata manusia yang konon mampu melihat dan menangkap gambar dengan resolusi sekitar 500 MP. 

"Gambar yang kita lihat melalui kedua mata kita disebut setara dengan resolusi 500 MP. Kami sebagai pemain industri (sensor kamera) masih memiliki jalan yang panjang untuk bisa menandingi kemampuan tersebut," ujar Yongin.

Seperti diketahui, resolusi kamera yang besar juga bakal berpengaruh terhadap ukuran fisik sensor gambar yang diusung.

Di saat yang sama, ukuran sensor gambar smartphone agaknya harus menyesuaikan dengan bahasa desain perangkat agar bisa dimuat di dalamnya. 

Dengan kata lain, Samsung perlu menggodok teknologi sensor gambar yang lebih canggih untuk dapat membuat sensor kamera sebesar 600 MP.

Salah satunya bisa jadi dengan memperkecil ukuran setiap piksel di sensor gambar tersebut hingga nantinya bisa digabungkan dan menciptakan gambar dengan resolusi yang besar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamsungNewsroom, Senin (27/4/2020). 

Baca juga: Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Tren penggabungan piksel seperti ini sebenarnya sudah dipakai oleh Samsung Galaxy S20 Ultra. Ponsel tersebut dipersenjatai sensor Isocell Bright HM1 yang turut dibekali dengan teknologi penggabungan piksel "Nonacell".

Dengan teknologi tersebut, ponsel mampu menggabungkan sembilan piksel (3x3) menjadi satu piksel besar untuk menghasilkan gambar 12 MP yang kaya akan detail.

Meski demikian, Yongin tak mengumbar bagaimana sebenarnya pihaknya akan membuat sensor dengan resolusi sebesar itu. Detail waktu pengembangan sensor semacam ini juga tak dibeberkan olehnya. Kita nantikan saja.

Baca juga: Seperti Inilah Jeroan Kamera 108 MP dan Zoom 100X Galaxy S20 Ultra



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X