Layanan Gaming Google Stadia Tembus 1 Juta Unduhan

Kompas.com - 27/04/2020, 20:09 WIB
Logo dan controller layanan game streaming Google Stadia GoogleLogo dan controller layanan game streaming Google Stadia
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Layanan Google Stadia kini semakin dilirik oleh para pencinta game di tengah wabah Covid-19.

Platform gaming berbasis cloud tersebut kini telah diunduh lebih dari satu juta kali di seluruh dunia.

Menurut firma riset SensorTower, lonjakan jumlah unduhan tersebut disebabkan oleh penggratisan layanan Stadia yang diumumkan Google pada awal April lalu.

Kala itu, perusahaan asal Mountain View, California, AS ini mengatakan bahwa pihaknya akan membebaskan biaya berlangganan Stadia versi Pro selama dua bulan ke depan, atau hingga Juni 2020.

Selain itu, Google juga meluncurkan Stadia versi standar (base) yang kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna di 14 negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan 11 negara Eropa lainnya. 

Baca juga: Layanan Cloud Gaming Google Stadia Pro Digratiskan Dua Bulan

Sehingga tak mengherankan apabila angka unduhan Stadia semakin meningkat. Apalagi, banyak negara di dunia yang saat ini mengimbau masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah demi menekan persebaran Covid-19.

Sebab, bermain video game juga menjadi alternatif hiburan bagi mereka yang merasa bosan berdiam diri di dalam rumah. 

Kendati demikian, pihak Google belum memberikan pernyataan resmi terkait jumlah unduhan layana Stadia yang tercatat mencapai 1 juta unduhan tersebut.

Sebelumnya, SensorTower juga sempat melaporkan bahwa Stadia berhasil menggaet setidaknya 175.000 pengguna dua minggu setelah layanan tersebut diluncurkan pada November 2019 lalu.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Senin (27/4/2020) layanan Stadia bisa dinikmati di sejumlah perangkat, seperti desktop (PC), Chromecast, hingga smartphone. 

Baca juga: Google Stadia Resmi Meluncur, Ini 22 Game yang Bisa Dimainkan

Bagi pengguna smartphone, aplikasi Stadia bisa diunduh secara gratis di tautan berikut (Android) dan tautan berikut (iOS).

Untuk memainkan aneka game di aplikasi tersebut, pengguna sejatinya membutuhkan controller yang mendukung layanan cloud gaming ini. Salah satunya adalah Stadia Controller yang turut dijual Google secara terpisah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber WCCF Tech
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X