Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Seri A Jadi Andalan Oppo di Pasar Smartphone Indonesia

Kompas.com - 29/04/2020, 13:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2020 ini, Oppo gencar merilis deretan smartphone baru yang masuk dalam kategori seri A.

Sejak Januari hingga April tahun ini, setidaknya sudah tiga smartphone Oppo A series yang dirilis, yakni A12, A31, A91. Oppo pun bersiap merilis Oppo A92 bulan Mei mendatang.

Berbeda dengan periode yang sama tahun lalu, Oppo sama sekali tidak merilis seri A di Indonesia.

Strategi ini merupakan salah satu cara Oppo untuk memperkuat pasarnya di Indonesia. PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, mengakui bahwa seri A dengan rentang harga Rp 3-5 jutaan menjadi "senjata" Oppo di Indonesia.

"Itu (segmen) Oppo yang paling kuat hingga saat ini," kata Aryo.

Baca juga: Harga Ponsel Oppo di Indonesia Naik hingga Rp 300.000, Ini Daftarnya

Aryo juga mengamini bahwa seri A secara keseluruhan, masih menjadi pasar terbesar Oppo di Indonesia. Sebab, seri A mencakup segmen bawah hingga menengah.

"Persentasenya sekitar 40-50 persen lah," klaim Aryo.

Menurut Aryo, segmen ponsel Rp 3-5 jutaan menjadi primadona para vendor ponsel di Indonesia, tidak hanya Oppo. Kendati demikian, Oppo tidak hanya fokus di segmen menengah saja.

Beberapa ponsel menengah ke atas lewat seri Reno hingga flagship lewat seri Find turut ditawarkan untuk konsumennya di Indonesia. Oppo sendiri memiliki strategi untuk meraup semua segmen pasar, termasuk lewat jalur online.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Reno3 Pro di Indonesia

Beberapa perangkat Oppo bahkan dirilis khusus melalui jalur online, seperti Oppo K3 dan Oppo A91. Upaya ini juga dilakukan demi mendorong konsumen untuk bertransformasi ke pembelian online.

"Edisi khusus online biasanya ada beberapa yang dikurangi. Misalnya Oppo K3 itu dikurangi headset tapi memang perangkatnya sesuai dengan target pasar online," kata Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com