XL Rilis Aplikasi Sisternet untuk Dorong Pemberdayaan Perempuan

Kompas.com - 29/04/2020, 19:04 WIB
XL bersama Sisternet melakukan live streaming: Covid 19 dan Digitalisasi - Cara Baru Perempuan Melawan Pandemi sekaligus melakukan peluncuran aplikasi Sisternet KOMPAS/Putri Zakia SalsabilaXL bersama Sisternet melakukan live streaming: Covid 19 dan Digitalisasi - Cara Baru Perempuan Melawan Pandemi sekaligus melakukan peluncuran aplikasi Sisternet

KOMPAS.com - Untuk mendukung perempuan sebagai pilar utama keluarga, operator seluler XL Axiata dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meluncurkan aplikasi Sisternet.

Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia terutama untuk meningkatkan kemampuan perempuan Indonesia di era digital.

Program ini adalah bentuk CSR XL Axiata untuk pemberdayaan perempuan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Peluncuran aplikasi Sisternet dilakukan oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga bersama Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini melalui melalui siaran YouTube, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: XL Axiata Prediksi Trafik Data Naik 20 Persen Selama Ramadhan dan Idul Fitri

"Kami berharap, aplikasi Sisternet dapat menjadi sumber inspirasi," ujar Menteri PPPA, Bintang Puspayoga di acara peluncuran.

"Tidak hanya bagi perempuan Indonesia, namun juga dunia usaha lainnya untuk dapat terus memunculkan inovasi-inovasi yang dapat mendukung pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Indonesia," lanjut Bintang.

Sementara Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa aplikasi Sisternet bertujuan memangkas kesenjangan perempuan dan laki-laki dalam hal pemanfaatan teknologi informatika, termasuk internet di Indonesia.

Aplikasi Sisternet memiliki tiga fitur utama, yakni Sister Berbagi, Agenda Berbagi, dan Modul Pintar.

Pada menu Sister Berbagi terdapat kumpulan artikel nspiratif dan motivatif untuk perempuan, agar lebih mandiri dan berdaya. HIngga saat ini, menu tersebut memiliki 12.000 artikel.

Baca juga: Gandeng XL, Kominfo Buka Pojok Pintar Sisternet untuk Perempuan

Pada menu Agenda Berbagi terdapat kelas-kelas edukasi yang mengajarkan berbagai ketrampilan digital, hingga bagaimana membangun jaringan di era digital. Kelas-kelas tersebut dapat diakses secara gratis.

Cuplikan antar muka aplikasi SisternetGoogle Play Store Cuplikan antar muka aplikasi Sisternet

 

Sementara itu di menu Modul Pintar tersedia modul-modul edukasi dalam format audio visual, mengenai beragam topik yang diajarkan oleh para ahli di bidangnya. Dian menyebut sudah ada sekitar 40 modul audio visual mengenai digital parenting, karir, kewirausahaan, dan pengelolaan keuangan.

Aplikasi ini sudah tersedia di iOS dan Google Play Store. bagi Anda yang menggunakan Android, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut.

Baca juga: Mengenal Hastu Wijayasri, Sosok Programer Perempuan Difabel Indonesia

Bagi pengguna iOS dapat mengunduhnya melalui tautan berikut. Selain itu, Anda juga dapat mengakses situs Sisternet melalui browser dengan mengunjungi situs web Sisternet.co.id

Sebelumnya, situs Sisternet dan komunitasnya telah diluncurkan pada 23 April 2015 lalu, kini peserta Sisternet diklaim telah mencapai 23.000 perempuan di seluruh Indonesia.

  



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X