Fitur Premium Google Meet Gratis hingga September

Kompas.com - 30/04/2020, 12:19 WIB
Google Meet kini bisa menampung 16 profil peserta telekonferensi dalam satu layar. The VergeGoogle Meet kini bisa menampung 16 profil peserta telekonferensi dalam satu layar.

KOMPAS.com - Google resmi menggratiskan aplikasi video telekonferensi Google Meet. Semua yang memiliki akun Gmail kini bisa menikmati fitur premium secara gratis, seperti kapasitas hingga 100 orang dan waktu yang tidak dibatasi.

Layanan Google Meet premium gratis ini menurut Wakil Presiden Google, Javier Soltero akan digulirkan mulai 1 Maret, dan berlaku hingga 30 September 2020. Nantinya, akan ada tab khusus ke Google Meet dari akun Gmail.

Setelah 30 September, pembatasan di akun-akun non-premium akan kembali dilakukan, seperti jumlah peserta dan lama waktu panggilan.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Hangouts Meet untuk Rapat dari Rumah

"Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mempercepat waktu peluncuran fitur-fitur baru untuk dapat lebih membantu pengguna," tutur Soltero.

Sebelumnya, Google Meet hanya dapat diakses oleh pelanggan G Suite saja. Sehingga pengguna yang tidak berlangganan G Suite, tidak dapat menggunakan aplikasi video telekonferensi ini.

Kini, yang dibutuhkan untuk menggunakan Google Meet hanya akun Gmail saja. Perubahan ini dinilai langkah yang tepat bagi Google, untuk menggaet para pengguna baru. Terlebih jumlah pemilik akun Google dinilai lebih banyak daripada pelanggan G Suite.

Berbeda dengan Zoom yang dapat mengundang partisipan rapat melalui sebuah link atau tautan, Google Meet sebelumnya memiliki prosedur yang lebih rumit.

Pengguna diharuskan untuk masuk ke akun Google mereka terlebih dahulu. Hal ini diklaim mampu menghilangkan risiko layaknya "Zoombombing", dimana peserta tak dikenal bisa masuk ke panggilan video.

Untuk mengurangi risiko keamanan lain, peserta meeting online yang ingin bergabung ke room pun harus dikonfirmasi terlebih dahulu oleh Host Google Meet.

Baca juga: Google Meet Kini Punya Tampilan Rapat Mirip Zoom

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (30/4/2020), Google Meet sebelumnya dikenal dengan nama Hangouts Meet. Google mengubah namanya menjadi Meet bagi pelanggan G Suite, bersamaan dengan penambahan kapasitas pengguna Google Meet.

Baru-baru ini, Google Meet juga hadir dengan fitur baru yang mendukung "tampilan galeri", dimana seluruh peserta meeting diletakkan di sebuah bingkai besar, layaknya tampilan milik Zoom. Fitur anyar ini kini telah tersedia pada Google Meet versi mobile dan PC.

Google juga mengklaim bahwa total penggunaan Google Meet dalam sehari meningkat 30 kali sejak Januari lalu. Jumlah pengguna pun diklaim bertambah sebanyak 3 juta orang setiap harinya.

Pada minggu lalu saja, Google juga mengklaim jumlah pengguna Google Meet dalam sehari telah mencapai angka 100 juta orang.



Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X