Gojek Resmi Akuisisi Moka, Startup Penyedia Layanan Kasir Digital

Kompas.com - 30/04/2020, 13:50 WIB
Ilustrasi Moka. MokaPosIlustrasi Moka.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Gojek mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. Nilai akuisisi Gojek terhadap Moka tidak diumumkan.

Lewat akuisisi ini, layanan Gojek dan Moka akan digabungkan, seperti pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS), untuk membantu pelaku usaha kecil bermigrasi ke sistem online, dan memperkecil jarak antara platform offline dan online.

Selama ini, pelaku usaha masih harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda. Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka, dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz.

Baca juga: Dulu Cuma Meme, Sekarang Bayar SPP Pakai GoPay Jadi Kenyataan

Pasca akusisi, Moka akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek. Ekosistem tersebut terdiri dari GoBiz, Super App yang menaungi GoFood dan GoPay.

Sedangkan Gojek, lewat layanan GoBiz, merupakan Super App bagi para pemilik usaha, dan digunakan oleh jaringan beranggotakan lebih dari 500.000 mitra merchant di Indonesia, di mana 96 persennya adalah UMKM.

Akuisisi ini juga akan mempercepat pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital.

"Bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini," ujar Andre dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/4/2020).

Sementara Haryanto Tanjo, CEO dan Co-Founder Moka menyampaikan bahwa bergabung dengan Gojek akan membantu mengakselerasi Moka dalam membantu usaha kecil untuk terus tumbuh.

Baca juga: Hoaks, Pinjaman Rp 2 Juta untuk Pengemudi Gojek agar Tetap di Rumah

"Berbagai layanan Gojek yang memberi solusi untuk pelaku usaha akan memudahkan para mitra pelaku usaha kami untuk menjalankan bisnis dengan sukses, baik secara online maupun offline," kata Haryanto.

Hingga saat ini, Moka mengklaim memiliki 40.000 mitra pebisnis di 200 kota di Indonesia. Moka menyediakan perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

Selain itu ada juga layanan-layanan lainnya seperti Midtrans, penyedia layanan pembayaran online terbesar di Indonesia, dan Spots, penyedia layanan pembayaran offline dan sistem POS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X