Pendapatan Seluler Indosat Rp 5,4 Triliun, Naik berkat Layanan Data

Kompas.com - 30/04/2020, 18:04 WIB
Model memamerkan kartu perdana Indosat IM3 yang kini berubah nama menjadi IM3 Ooredoo. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comModel memamerkan kartu perdana Indosat IM3 yang kini berubah nama menjadi IM3 Ooredoo.

KOMPAS.com - Pendapatan seluler (voice, data, SMS, interkoneksi, dll) Indosat Ooredoo pada triwulan I-2020 dilaporkan sebesar Rp 5,4 triliun. Jumlah itu naik 10,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi pendapatan utama berasal dari layanan data, yang mengalami peningkatan hingga 63 persen dibandingkan kuartal I-2019. Peningkatan itu disebabkan banyaknya pelanggan yang mengakses internet selama berada dari rumah, di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Jumlah pelanggan seluler Indosat juga diklaim naik. Hingga akhir Maret 2020, tercatat jumlah pelanggan Indosat Ooredoo mencapai 56,2 juta, dengan rata-rata pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) sebesar Rp 29.600.

Baca juga: Indosat Rilis Paket Freedom Kuota Harian 1 GB per Hari

Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan triwulan pertama tahun lalu, ketika jumlah pelanggan Indosat Ooredoo sebanyak 53,3 juta, dengan pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) sebesar Rp 26.500.

Untuk EBITDA (earnings before interest, taxes, depreciation and amortization), terjadi peningkatan sebesar 10,4 persen menjadi Rp 2,4 triliun. Hingga saat ini, Indosat Ooredoo telah mengoperasikan sebanyak total 52.174 BTS 4G.

Secara keseluruhan, total pendapatan Indosat Ooredoo pada kuartal I-2020 adalah sebesar Rp 6,5 triliun.

Jumlah total pendapatan, yang terdiri atas pendapatan seluler, Multimedia Komunikasi Data Internet (MIDI), dan telekomunikasi tetap itu meningkat Rp 476,9 miliar, atau naik 8 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu yang dilaporkan Rp 6,0 triliun.

Sedangkan rugi bersih yang tercatat menurut Indosat Ooredoo adalah Rp 605,6 miliar, atau bertambah Rp 313,1 milliar, dibandingkan rugi bersih pada kuartal pertama tahun lalu.

Baca juga: Indosat Ooredoo Tunjuk Ahmad Abdulaziz Al Neama sebagai CEO Baru

President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan bahwa perusahaan akan terus meningkatkan kinerja yang kuat guna menjaga kualitas layanan untuk pelanggan pada masa pandemi saat ini.

"Kita semua saat ini sedang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya,
dan kami telah mengambil langkah proaktif dan progresif untuk mendukung karyawan, pelanggan, dan komunitas kami di situasi menantang ini," kata Ahmad Al-Neama dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/4/2020).



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X