Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Password, Aktifkan 2FA, dan Hapus Akun Pembayaran di Tokopedia yang Diduga Bocor Datanya

Kompas.com - 03/05/2020, 10:34 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jutaan akun pengguna Tokopedia dikabarkan bocor dan dijual di forum online. Sejumlah informasi pribadi pengguna, seperti nama akun, alamat e-mail, hingga nomor telepon pun terpapar sehingga berpotensi dimanfaatkan hacker. 

Menanggapi kabar tersebut, pihak Tokopedia mengatakan bahwa memang ada upaya pencurian atas data akun-akun di platform e-commerce miliknya. Para pengguna pun diimbau untuk mengganti password untuk menjaga keamanan.

Baca juga: Data Pengguna Tokopedia Bocor, Cek Apakah Akun Anda Terdampak

Cara mengganti kata sandi Tokopedia terbilang cukup mudah. Pertama-tama, buka situs atau aplikasi Tokopedia dan masuk (login) ke akun Anda.

Kemudian, klik tab "Akun" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon "Pengaturan". Lalu, pilih menu "Akun" dan klik menu "Kata Sandi". Setelah itu, masukkan kata sandi lama dan baru di kolom yang tersedia dan klik tombol "Simpan".

Cara ganti password Tokopedia.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara ganti password Tokopedia.

Untuk keamanan tambahan, Anda bisa menambahkan enam digit PIN Tokopedia dengan mengklik menu "PIN Tokopedia" di tampilan "Atur Akun" tadi. PIN akan diminta ketika akun Tokopedia Anda digunakan untuk bertransaksi.

Selain itu, Anda juga bisa menghapus rekening bank yang sudah didaftarkan sebelumnya di Tokopedia dengan mengklik "Akun Bank" di menu utama "Atur Akun". Di tampilan akun bank, pilih nomor rekening yang terdaftar dan klik tombol "Hapus". 

Aktifkan fitur two-factor authentication (2FA)

Jika dirasa kurang, Anda bisa menggunakan fitur keamanan ekstra lainnya, yakni verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA).

Ketika aktif, fitur ini mengharuskan pengguna memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala dari sistem.

Baca juga: Data 91 Juta Pengguna Tokopedia dan 7 Juta Merchant Dilaporkan Dijual di Dark Web

Tokopedia mengandalkan aplikasi Google Authenticator untuk menjalankan 2FA. Pengguna pun perlu memasang aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur tersebut.

Aplikasi Google Authenticator bisa diunduh di tautan berikut (Android) dan di tautan berikut (iOS).

Setelah memasang Google Authenticator, buka situs Tokopedia di desktop (komputer/laptop) dan klik menu "Pengaturan" yang bisa diakses ketika Anda meng-klik ikon avatar atau foto profil masing-masing di pojok kanan atas.

Cara aktifkan Google Authenticator di Tokopedia.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara aktifkan Google Authenticator di Tokopedia.

Lalu, pilih tab "Google Authenticator" dan klik tombol "Aktifkan Google Authenticator" yang bisa ditemui ketika Anda menggulir (scroll) layar ke bawah.

Beberapa saat kemudian, Anda bakal disodori tampilan yang memampang sebuah kode QR dan 16 digit kode aktivasi, berikut kolom untuk memasukkan enam digit kode otentikasi.

Untuk mengetahui kodenya, buka aplikasi Google Authenticator yang telah dipasang dan pindai kode QR tersebut. Anda juga bisa memasukkan deretan kode aktivasi tadi jika kamera gagal memindai kode.

Aplikasi Google Authenticator menampilkan kode verifikasi enam digit.KOMPAS.com/Bill Clinten Aplikasi Google Authenticator menampilkan kode verifikasi enam digit.

Setelah Google Authenticator berhasil memindai kode, klik tombol "Add Account" dan masukkan enam digit kode yang dihasilkan di kolom "Kode Autentikasi" pada halaman Tokopedia. Terakhir, klik tombol "Verifikasi".

Baca juga: Kebocoran Data 15 Juta Pengguna, Pengakuan Tokopedia, dan Analisis Ahli

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com