Kompas.com - 03/05/2020, 11:58 WIB

KOMPAS.com - Data milik 15 juta pengguna Tokopedia diduga bocor di dunia maya. Bahkan, kabar terbaru menyebut data 91 juta pengguna dan lebih dari tujuh juta merchant Tokopedia dijual di situs gelap (dark web).

Data tersebut dijual dengan harga 5.000 dollar AS (sekitar Rp 74 juta). Kejadian ini tentu akan merugikan pengguna yang terdampak. E-mail korban berpotensi disalahgunakan untuk tindak kejahatan, misalnya saja penipuan atau pemerasan.

Pihak Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian terhadap data pengguna di platform e-commerce miliknya.

Baca juga: Data 91 Juta Pengguna Tokopedia dan 7 Juta Merchant Dilaporkan Dijual di Dark Web

Meskipun demikian, Tokopedia mengklaim informasi password milik pengguna tetap aman dan terlindungi dengan sekuriti berlapis, termasuk lewat mekanisme kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses pemilik akun secara real time.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengecek apakah e-mail Anda ikut terdampak.
Pengecekan bisa dilakukan di situs Have I Been Pwned.

Situs ini bisa mengidentifikasi apakah alamat e-mail yang digunakan untuk akun layanan online pernah terekspos oleh insiden kebocoran data atau tidak.

Tangkapan layar laman Have I Been Pwned yang memberikan informasi akun di paltform mana saja yang terdampak kasus kebocoran data.Kompas.com/Putri Zakia Salsabila Tangkapan layar laman Have I Been Pwned yang memberikan informasi akun di paltform mana saja yang terdampak kasus kebocoran data.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Minggu (3/5/2020), situs Have I Been Pwned sudah menyertakan informasi kasus kebocoran data Tokopedia, dengan jumlah alamat e-mail terdampak yang ditaksir mencapai 12 juta.

Pengguna e-commerce itu pun bisa melihat apakah e-mail akun miliknya ikut bocor atau tidak. Ketika dicoba oleh tim KompasTekno, ternyata ada beberapa orang yang terdampak kasus bocornya data pengguna Tokopedia.

Cara untuk melakukan pengecekan mudah saja. Setelah situs terbuka, masukan alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar akun online. Kemudian klik tombol "pwned" di sisi kanan.

Baca juga: Cara Ganti Password, Aktifkan 2FA, dan Hapus Akun Pembayaran di Tokopedia yang Diduga Bocor Datanya

Situs tersebut lalu akan menelusuri database dan akan menginformasikan apabila alamat e-mail tersebut pernah masuk dalam kasus kebocoran data. Laman Have I Been Pwned juga akan memberikan informasi akun di platform mana saja yang terdampak.

Apabila terdampak, sebaiknya segera mengganti password dan aktifkan sistem verifikasi dua langkah untuk meningkatkan perlindungan akun. Ganti juga password layanan online lain yang menggunakan kata kunci serupa.

Baca juga: Praktisi Internet Komentari Kebocoran Data 15 Juta Pengguna Tokopedia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.