Apa Itu Raidforums, Situs yang Mengungkap Kebocoran Data Pengguna Tokopedia?

Kompas.com - 03/05/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tokopedia tengah diterpa isu keamanan. Terjadi kebocoran data pengguna yang jumlahnya mencapai jutaan.

Data pengguna tersebut bahkan dijual di situs gelap (dark web). Sebelum tersebar, data-data itu ternyata pertama kali dipublikasi dalam sebuah forum online.

Seorang pengguna dengan nama (username) "whysodank" membagikan database pengguna Tokopedia di forum online dengan domain Raidforums.com.

Hal ini cukup mengejutkan. Sebab, forum tersebut merupakan situs "reguler" yang berjenis surface web, bukan situs gelap (dark web) atau situs rahasia (deep web).

Artinya, situs ini bisa dikunjungi oleh orang awam dan bisa ditemukan lewat mesin pencari Google.

Sebaliknya, situs deep web atau dark web memang tidak bisa diakses oleh sembarang orang dan tidak akan muncul di hasil pencarian Google.

Lantas, apa itu Raidforums.com? Mengapa situs yang bisa diakses bebas tersebut dipakai sebagai kanal untuk membocorkan database perusahaan sekelas Tokopedia?

Situs diskusi negatif

Tangkapan layar forum Raidforums.KOMPAS.com/Bill Clinten Tangkapan layar forum Raidforums.
Menurut catatan WebsiteOutlook, Raidforums merupakan wadah untuk orang yang gemar berdiskusi tentang aktivitas pembobolan di dunia maya (raid).

Situs ini juga biasa menjadi tempat untuk berbagi aneka dokumen dan database, seperti apa yang dilakukan oleh pengguna bernama "whysodank" yang membagikan data pengguna Tokopedia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X