Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bisa Transfer Foto dan Video ke Google Photos, Begini Caranya

Kompas.com - 05/05/2020, 14:06 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Desember tahun lalu, kini Facebook resmi meluncurkan tools yang memungkinkan penggunanya dapat mentransfer foto dan video ke aplikasi Google Photos.

Untuk menggunakan tool ini, pengguna sebelumnya harus menghubungkan akun Google pribadi mereka ke dalam aplikasi Facebook.

Baca juga: Facebook Umumkan Messenger Rooms, Bisa Video Call hingga 50 Orang

Setelah itu pilih "Your Facebook Information" pada pengaturan di aplikasi Facebook, lalu
akan muncul opsi untuk mentransfer data berupa foto atau video yang secara otomatis
tersambung dengan Google Photo.

Langkah-langkah memindahkan foto dan video ke Google Photos dari layanan Facebook, sebagaimana diterangkan oleh Facebook.Facebook Langkah-langkah memindahkan foto dan video ke Google Photos dari layanan Facebook, sebagaimana diterangkan oleh Facebook.
Tool Facebook untuk transfer foto dan video ke Google Photos ini kabarnya baru digulirkan untuk para penggunanya di negara Afrika, Asia Pasifik, dan Amerika Latin.

Namun, ketika KompasTekno mencoba mengaksesnya, tool tersebut sudah tersedia di Facebook versi web dalam menu "Your Facebook Information" di bagian Settings.

Tool Facebook ini merupakan bagian dari proyek open-source Data Transfer Project yang diinisiasi oleh Microsoft, Facebook, Google, dan Twitter pada 2018. Tujuannya adalah mempermudah pengguna dalam memindahkan data antar layanan online. 

Baca juga: Lockdown di Berbagai Negara, Pengguna Facebook Naik Tajam

"Nantinya semua orang dapat mentransfer foto dan video mereka ke platform lain yang ikut
berkolaborasi dalam Data Transfer Project," tulis Facebook sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/5/2020).

Tool untuk memindahkan foto dan video ke layanan Google Photos dari Facebook.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tool untuk memindahkan foto dan video ke layanan Google Photos dari Facebook.

Sementara itu, menurut Google dalam blog yang ditulisnya, kemudahan perpindahan data antar platform yang disebut sebagai data portability ini bakal mendorong inovasi di industri internet.

"Orang-orang memiliki kendali lebih tinggi atas informasi miliknya, sekaligus mendorong kita untuk membuat produk yang bagus karena pengguna bisa pergi kapanpun," ujar Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com