Tips Mencegah Serangan Siber Saat Kerja dari Rumah

Kompas.com - 05/05/2020, 16:39 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi kerja dari rumah.

KOMPAS.com - Sebagian besar negara di seluruh dunia saat ini mengimbau warganya untuk bekerja dari rumah, selama pandemi Covid-19 berlangsung. Walhasil, penggunaan internet dan berbagai layanan software pendukung pekerjaan menjadi meningkat signifikan.

Ternyata, peningkatan itu juga dimanfaatkan pelaku kejahatan siber. Menurut laporan dari perusahaan teknologi komputasi IBM X Force, sejak WHO mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi pada 11 Maret, laporan spam terkait Covid-19 naik 6.000 persen.

Staf Ahli Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Henri Subiakto juga mengatakan bahwa potensi serangan siber di Indonesia cukup besar, selama aturan kerja dan belajar dari rumah berlaku.

Baca juga: 7 Tips Aman Berinternet Saat Harus Bekerja dari Rumah

"Kalau di kantor aman, karena ada sistem IT. Tapi ketika di rumah itu terbuka, makanya kemungkinan terkena kejahatan (siber) semakin besar," kata Henri.

Kendati demikian, ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk meminimalisir serangan siber saat bekerja dari rumah.

Menggunakan software berlisensi

Hal paling dasar dan penting adalah menggunakan software legal atau berlisensi, di perangkat yang digunakan untuk bekerja.

Menurut Tarun Sawney, Senior Director, Business Software Alliance (BSA), aliansi konsultan hukum industri software global, menggunakan produk software berlisensi akan memberikan cukup rasa aman.

Sebab, software berlisensi dibuat oleh perusahaan bereputasi tinggi yang sangat memperhitungkan kualitas produk.

"Jika mereka mengetahui adanya potensi serangan siber, mereka akan berupaya membuat pencegahan, tapi jika tetap terjadi serangan, mereka akan segera memperbaikinya," kata Tarun dalam sebuah konferensi pers daring, Selasa (5/5/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X