Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Luncurkan Stiker "Pesanan Makanan" di Stories untuk UKM

Kompas.com - 05/05/2020, 18:09 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram kini meluncurkan sebuah stiker baru yang ditujukan untuk pemilik usaha kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Stiker ini "Pesanan Makanan" ini dapat digunakan oleh para penjual yang mempromosikan makanan dagangannya lewat Instagram Stories.

Dengan demikian, para penggna Instagram yang melihat Stories tersebut, bisa memesan langsung makanan yang dijual dengan menekan stiker yang ada.

Head of Market Operations Instagram APAC, Kaylie Smith mengatakan bahwa kehadiran stiker "Pesanan Makanan" ini diharapkan dapat memudahkan dan membantu pelaku bisnis kuliner di Indonesia.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Donasi Lewat Aplikasi

"Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan tetap terhubung dengan pelanggan," ungkap
Kaylie dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (5/5/2020).

Stiker Pesanan MakananInstagram Stiker Pesanan Makanan
Kehadiran stiker ini juga dapat memudahkan pelaku UMKM dalam memperbaiki keuangan bisnis mereka di tengah masa pandemi Covid-19 yang memengaruhi kinerja penjualan.

Karena ditujukan untuk para pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM), artinya, stiker
ini akan tersedia bagi pengguna akun bisni Instagram.

"Kalau pakai akun bisnis Instagram, sekarang sudah bisa dicoba untuk Stories," ujar Putri Silalahi, Communicaition Manager Instagram Asia Pasific dalam sebuah sesi tanya jawab melalui Instagram Live Harian Kompas, Selasa (5/5/2020).

Jika pengguna memiliki akun bisnis di Instagram, maka pengguna akan melihat opsi stiker "Pesanan Makanan" yang tersedia untuk fitur Stories.

Melalui stiker "Pesanan Makanan", pemilik usaha dapat dengan mudah mempromosikan bisnis kulinernya dan mengajak pelanggan mereka untuk melakukan pemesanan.

Baca juga: Ucapkan Terima Kasih untuk Garda Terdepan dengan Stiker Instagram

Setelah memilih stiker tersebut, nantinya pemilik usaha dapat memasukkan tautan bisnis mereka dengan aplikasi mitra pengantar makanan.

Dengan mengetuk tulisan "Pesan" pada stiker "Pesanan Makanan", followers dapat melakukan pemesanan secara langsung di aplikasi layanan pesan antar yang telah bekerjasama.

Saat ini, opsi "Pesan" pada tautan bisnis tersebut baru bisa terhubung dengan layanan GrabFood.

Namun, rencananya Instagram akan memperluas dengan merangkul beberapa mitra secara berkala guna menyediakan lebih banyak pilihan bagi para pelaku UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com