Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel Core S-Series Tembus Kecepatan 5,3 GHz

Kompas.com - 06/05/2020, 18:43 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Setelah didului berbagai rumor dan bocoran, Intel baru-baru ini meresmikan kehadiran lini prosesor desktop generasi ke-10 (Comet Lake) besutannya yang dinamai Core S-Series.

Prosesor desktop generasi ke-10 dari terdiri dari serangkaian prosesor, mulai dari Celeron, Pentium Gold, Core i3, i5, i7, hingga i9.

Model teratasnya adalah Core i9-10900K yang memiliki 10 inti CPU dan 20 thread. Kecepatan turbonya bisa mencapai 5,3 GHz, dengan base clock hingga 3,7 GHz.

Intel mengklaim Core i9-10900K merupakan prosesor terkencang di dunia untuk keperluan bermain game, selain cocok bagi overclocker yang gemar memompa kinerja prosesor lebih tinggi lagi.

“Prosesor i9-10900K memberikan pengalaman gaming terbaik, dengan lebih banyak kendali, multi-tasking lebih gesit, dan gameplay lebih mulus,” tulis Intel dalam sebuah pengumuman.

Sebagian model prosesor dalam lini prosesor desktop generasi ke-10 dari Intel.Intel Corporation Sebagian model prosesor dalam lini prosesor desktop generasi ke-10 dari Intel.

Intel turut menyediakan Extreme Tuning Utility sehingga overclocker bisa menghidup-matikan hyperthreading di masing-masing inti CPU secara individual demi mengurangi panas.

Baca juga: Intel Luncurkan Prosesor Core H-Series untuk Laptop Gaming

Soal suhu, seri prosesor Core S-Series ini juga memiliki die CPU yang lebih tipis dan integrated heat spreader berbahan tembaga yang lebih tebal untuk menjaga temperatur.

Prosesor desktop Intel generasi ke-10 Core S-Series akan mulai tersedia pada bulan Mei, dimulai dari model-model "K" yang memiliki multiplier tidak dikunci, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (7/5/2020).

Untuk daftar selengkapnya dari prosesor-prosesor yang termasuk dalam lini ini, silakan kunjungi newsroom intel di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com