Mediatek Perkenalkan Chip Gaming Helio G85

Kompas.com - 07/05/2020, 10:08 WIB
SoC Mediatek Helio G85. MediatekSoC Mediatek Helio G85.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Mediatek mengumumkan dua System-on-Chip ( SoC) seri G bikinan perusahaan yang ditujukan bagi perangkat gaming di kelas menengah, yakni Helio G70 dan G80.

Kali ini, pabrikan chip asal Taiwan itu kembali memperkenalkan SoC teranyar dari seri tersebut dengan nama Helio G85. Sama seperti G70 dan G80, Helio G85 dimanufaktur dengan proses fabrikasi 12nm (nanometer).

Baca juga: MediaTek Helio P95 Meluncur, Pertama dengan HyperEngine

Menurut Asisistant General Manager, Wireless Busines Unit, Mediatek Yenchii Lee, SoC ini diciptakan untuk memperluas lini Helio G dan memberikan pilihan lebih banyak bagi para pembuat smartphone.

MediaTek memperluas lini Helio G untuk memberikan lebih banyak opsi bagi para pembuat perangkat dalam merancang smartphone yang menawarkan pengalaman gaming canggih,” kata Yenchii dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (7/5/2020).

Meski proses fabrikasinya sama, Helio G85 dibekali dengan pengolah grafis (GPU) yang sedikit lebih mumpuni ketimbang G70 (820 MHz) atau G80 (950 MHz).

Helio G85 mengandalkan pengolah grafis (GPU) ARM Mali-G52 yang memiliki kecepatan 1 GHz. GPU tersebut turut dibekali fitur optimasi HyperEngine yang diklaim mampu meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Untuk memaksimalkan performa, GPU tersebut dipadankan dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core), terdiri dari dua inti berkecepatan 2.0 GHz, dan enam inti lainnya yang memiliki frekuensi 1.8 GHz.

Baca juga: Chip 5G MediaTek Hadir di Ponsel Oppo, Vivo, dan Redmi Awal 2020?

Fitur pendukung Helio G85 lain mencakup dukungan kamera ganda dengan sensor mencapai 48 MP, berikut dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan kamera mendeteksi atau memindai objek yang sedang dibidik.

Ada pula teknologi Voice Wakeup (VoW) terintegrasi untuk menghemat penggunaan daya, teknologi navigasi inersial yang mengandalkan Helio G84, serta dukungan konektivitas 4G di konfigurasi dual-SIM.

Meski sudah diumumkan, pihak Mediatek belum mengumbar rincian timeline terkait kapan chip ini akan mulai hadir dalam smartphone. Kita nantikan saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X