Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Selfie Galaxy S20 Ultra Dapat Nilai 100 dari DxOMark

Kompas.com - 07/05/2020, 15:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi model paling tinggi di seri Galaxy S20. Salah satu keunggulannya ada di sektor kamera, baik depan maupun belakang.

Tak heran jika situs benchmarking kamera DxOMark mengganjar Galaxy S20 Ultra dengan skor cukup tinggi. Bahkan, kamera selfie Galaxy S20 Utra menduduki posisi kedua di daftar kamera smartphone terbaik DxOMark.

Kamera selfie flagship ini mendapat skor 100, terpaut tiga poin dari pemuncak posisi, Huawei P40. Kamera depan Galaxy S20 Ultra memiliki resolusi 40 MP dengan luas sensor 1/2.65 dan filter Quad Bayer.

Kamera ini beroperasi dalam dua mode. Pertama, menggunakan panjang fokal 32mm ketika swafoto dengan keluaran foto beresolsui 6,5MP.

Kedua, menggunakan panjang fokal 25mm untuk swafoto bersama atau wefie dengan keluaran foto beresolusi 10MP.

Untuk video, kamera depan bisa merekam dengan format 4K pada 60 fps. Jika diurai, hasil foto kamera depan mendapat skor 104 sementara video mendapat skor 95.

"Eksposur, autofokus, noise, bokeh, dan setail, adalah kunci kamera depan Galaxy S20 Ultra," tulis DxOMark dalam situs resminya.

Baca juga: Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Eksposur diklaim akurat bahkan ketika kondisi minim cahaya. Dynamic Range pada kondisi cerah di luar ruangan juga cukup baik.

PDAF autofokus juga disebut akurat menangkap wajah. Namun, tim DxOMark menilai white balance masih kurang maksimal dalam segala kondisi pencahayaan.

Warna kulit juga terkadang kurang tepat. Sementara untuk video, Galaxy S20 Ultra bisa memberikan warna yang terang dan eksposur yang akurat. Detail obyek di video juga disebut tinggi.

Tangkapan skor kamera depan Galaxy S20 Ultra versi DxOMark.DxOMark Tangkapan skor kamera depan Galaxy S20 Ultra versi DxOMark.

Namun, ada catatan soal autofokus yang dinilai kurang stabil. Noise juga sedikit terlihat baik dalam maupun luar ruangan. 

Untuk lapisan quad-bayer, DxOMark mengatakan bahwa fitur tersebut menjadi peningkatan besar di sisi hardware, dibanding Galaxy Note 10 Plus 5G.

Namun, DxOMark menyebut fitur tersebut tidak membuat peningkatan yang signifikan terhadap performa kamera depan secara keseluruhan.

Baca juga: Galaxy Note 10 Plus Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Sebab, Galaxy Note 10 Pus 5G sendiri sudah mendapatkan skor tinggi yakni 99 poin, terpaut satu poin dari Galaxy S20 Ultra. Ulasan selengkapnya mengenai kamera depan Galaxy S20 Ultra bisa dilihat di laman berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com