Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika iPhone SE 2020 Disilet, Dibakar, dan Ditekuk

Kompas.com - 07/05/2020, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - iPhone SE generasi terbaru (2020) diluncurkan Apple pada pertengahan April lalu. iPhone versi murah ini membawa desain mirip iPhone 8 tetapi dengan tenaga sekelas iPhone 11.

Setelah beberapa minggu, ponsel tersebut akhirnya sampai di tangan "penyiksa" gadget Zack Nelson, atau yang lebih dikenal lewat kanal Youtube JerryRigEverything.

Ia pun langsung menguji ketahanan perangkat tersebut dari segala aspek, mulai dari layar, material ponsel, hingga tingkat kekokohan ponsel itu sendiri. Seperti biasa, proses pengujian dituangkan dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube-nya.

Baca juga: Tawaran Pre-order iPhone SE Beredar di Indonesia, IMEI Bakal Diblokir?

Pertama-tama, Zack menguji ketahanan layar iPhone SE 2020 dengan aneka alat tajam yang memiliki tingkat kekerasan berbeda menurut skala Mohs Scale of Hardness, dari tingkat 2 hingga 9.

Biasanya, layar dengan material kaca bakal mulai tergores di level 5 ke atas, sementara layar berbahan dasar safir akan tergores di level 8 atau 9.

Benar saja, layar iPhone SE yang berlapis kaca mulai menghasilkan goresan di level 6, sementara tekanan goresan tampak lebih dalam di level 7.

Layar iPhone SE 2020 tergores di level 6.Youtube/JerryRigEverything Layar iPhone SE 2020 tergores di level 6.
Layar tersebut juga sempat disundut oleh api dan tampak bisa bertahan selama 16 detik hingga benar-benar menjadi hitam.

Baca juga: iPhone SE 2020 dan iPhone 8 Dibongkar, Benarkah Identik?

Kemudian, Zack mencoba untuk mengupas seluruh bingkai sisi iPhone SE 2020 dengan pisau cutter. Karena berbahan logam, tak aneh jika bingkai yang dihiasi warna itu mudah terkikis.

Zack juga turut menggores permukaan kamera dan modul Touch ID iPhone SE 2020. Hasilnya, lapisan kaca kamera yang diklaim berbahan safir ternyata mulai tergores pada level 6 skala Mohs. Sementara modul Touch ID sendiri tidak bisa digores oleh pisau cutter.

Terakhir, Zack mencoba untuk mematahkan ponsel tersebut menjadi dua bagian. Serupa dengan iPhone 11, iPhone SE 2020 juga tampak tak bisa dibengkokkan atau dipatahkan. Artinya, struktur ponsel tersebut bisa dibilang cukup kokoh untuk menahan segala benturan.

Baca juga: Skor AnTuTu iPhone SE Kalah dari iPhone 11 meski Pakai Chip yang Sama

"iPhone SE 2020 tetap kokoh dan berhasil bertahan hidup dari uji coba yang saya lakukan," tutur Zack sebagaimana dikutip KompasTekno dari kanal Youtube JerryRigEverything, Kamis (7/5/2020).

Untuk melihat uji coba ketangguhan iPhone SE 2020 yang dilakukan Zack secara lengkap, simak video di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com