Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Games Championship 2020 Dimulai, Total Hadiah Rp 1,6 Miliar

Kompas.com - 08/05/2020, 03:32 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Turnamen esport Indonesia Games Championship (IGC) kembali digelar tahun ini. Pada 2020 ini, IGC akan berlangsung mulai Mei hingga September 2020.

Turnamen e-sports yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia itu merupakan hasil kolaborasi Garena dengan Dunia Games dari Telkomsel,serta diharapkan dapat diikuti oleh lebih dari 32.000 pegiat mobile games dari seluruh Indonesia.

Total jumlah hadiah yang ditawarkan dalam Indonesia Games Championship 2020 ini mencapai Rp 1,6 Miliar.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (8/5/2020), babak kualifikasi awal IGC 2020 akan berlangsung secara online karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Baca juga: Atlet E-sports Profesional Bisa Kantongi Gaji Puluhan Juta Rupiah

"Kami merancang IGC 2020 agar berlangsung secara online, sehingga peserta dapat berkontribusi memajukan industri e-sports di Indonesia dengan tetap menjaga jarak aman," ujar Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh.

IGC 2020 terbuka bagi semua gender, baik tim laki-laki maupun perempuan, termasuk level amatir maupun profesional

Terdapat dua genre game yang dipertandingkan, meliputi Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), dan Battleground Survival dari kategori game PC dan mobile.

Judul game yang akan dipertandingkan pada kategori PC adalah League of Legends. Sedangkan game yang akan dikompetisikan pada kategori mobile game mencakup Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor.

Peserta dapat mendaftarkan timnya ke IGC 2020 mulai tanggal 6 Mei 2020 hingga Juni mendatang dengan mengakses igc.duniagames.co.id. Rangkaian babak kualifikasi akan berlangsung pada Juli dan Agustus, bertepatan dengan libur tahun ajaran sekolah.

Baca juga: E-sports di Indonesia Lebih Banyak Lombakan Game Mobile daripada PC, Mengapa?

Kemudian, delapan tim terbaik dari masing-masing game yang dilombakan (khusus Free Fire 12 tim), akan mengikuti babak Grand Final yang akan diselenggarakan pada September 2020.

Rangkaian pertandingan IGC 2020 dapat disaksikan melalui website dan YouTube Dunia Games, dan platform aplikasi layanan video on demand MAXstream.

Telkomsel melalui Dunia Games telah menyelenggarakan IGC pada 2017 dan 2018. Di dua edisi tersebut, total terdapat lebih dari 22.000 peserta dari seluruh penjuru negeri yang mengikuti turnamen ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com