Kompas.com - 08/05/2020, 16:20 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Belum lama ini, Facebook memisahkan layanan Facebook Gaming dari aplikasi utamanya.

Facebook Gaming kini menjadi sebuah aplikasi terpisah (standalone) yang bisa diunduh di Google Play Store.

Meski demikian, fitur yang ada di Facebook Gaming masih bisa dinikmati dan diakses melalui aplikasi utama Facebook. Lantas, apa sebenarnya alasan Facebook memisahkan layanan tersebut?

Menurut Head of Southeast Asia APAC Games Partnership Facebook Gaming, Michael Rose, pihaknya ingin menyediakan aplikasi yang spesifik untuk pengguna Facebook yang gemar bermain game.

Rose mengatakan, memisahkan Facebook Gaming dari layanan utama akan mempermudah pengguna untuk mengakses konten game.

Baca juga: Facebook Rilis Aplikasi Streaming Game Pesaing Twitch

"Pemain game, bukan mereka yang gila game (hardcore) saja, tetapi ada pula pengguna yang tidak menyebut diri mereka 'gamer' namun ternyata rajin menonton konten-konten game," ungkap Rose.

SPM Games Partnership Facebook Gaming, Stelliana Siswanto mengatakan bahwa Facebook Gaming dibuat menjadi aplikasi mandiri agar tidak menyatu dengan konten-konten umum.

Tampilan pada Facebook GamingFacebook Tampilan pada Facebook Gaming
"Kalau di Facebook (aplikasi utama), konten gaming akan tercampur dengan konten lain. Dengan adanya aplikasi terpisah ini mereka bisa langsung melihat video gaming, beragam grup tentang game, dan lain sebagainya," kata Stelliana.

Oleh karena aplikasi Facebook Gaming sudah dibuat terpisah, Rose mengatakan bahwa pihaknya kini bisa melakukan aneka eksperimen untuk pengembangan aplikasi tersebut.

Kendati demikian, ia belum mau mengungkap apa saja ekeperimen atau yang bakal digodok Facebook untuk aplikasi khusus gamer ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.