Begini Cara Gamer Dapat Uang dari Facebook Gaming

Kompas.com - 08/05/2020, 19:15 WIB
Facebook Gaming. IstimewaFacebook Gaming.

KOMPAS.com - Facebook baru saja merilis aplikasi khusus untuk para penggemar game, bernama Facebook Gaming.

Layaknya Twitch, Mixer, dan Youtube Gaming, Facebook Gaming adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk bermain game, sembari menyuguhkan tayangan langsung (live streaming).

Menariknya, platform tersebut bisa dimonetisasi. Artinya, Facebook Gaming bisa menjadi sarana gamer untuk mendapatkan uang, bukan hanya sekadar memainkan game dan disiarkan secara langsung saja.

Baca juga: Alasan Facebook Memisahkan Facebook Gaming Jadi Aplikasi Mandiri

Lantas, dari mana saja uang tersebut datang?

Ada tiga sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh para kreator konten game di Facebook Gaming, yakni dari iklan (ads), stars ("mata uang" Facebook Gaming), dan fan support (langganan).

Seperti video di Youtube, kreator video game di Facebook Gaming bisa memonetisasi konten mereka dengan menyisipkan iklan.

Menariknya, iklan tersebut dijanjikan tidak akan mengganggu jalannya proses live streaming. Sebab, iklan akan muncul di jendela pemutar video yang terpisah dengan jendela utama yang digunakan untuk live streaming.

Ilustrasi harga Stars di Facebook Gaming.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi harga Stars di Facebook Gaming.

Lalu, kreator konten game juga bisa menukarkan "Stars" yang mereka dapat, menjadi uang.

Diketahui, Stars bisa dibilang merupakan "mata uang" di Facebook Gaming. Pengguna bisa membeli Stars dengan harga termurah, yakni Rp 8.000 (25 Stars).

Kemudian, mereka bisa memberikan sejumlah Stars kepada kreator konten game ketika tayangan live streaming berlangsung.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X