Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan Surface Book 3, Dibanderol Mulai Rp 24 Juta

Kompas.com - 09/05/2020, 08:36 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi memperkenalkan laptop terbarunya, Surface Book 3. Laptop ini merupakan penerus dari Surface Book 2 yang dirilis pada tahun 2017 lalu.

Meski desainnya serupa dengan Surface Book 2, Surface Book 3 membawa peningkatan dari sektor jeroan. Khususnya prosesor yang diklaim lebih mumpuni dibandingkan generasi sebelumnya.

Surface Book 3 terbagi menjadi dua tipe yang dibedakan berdasarkan bentang layar.
Ukuran layar yang tersedia yakni 13,5 inci dan 15 inci yang dibekali dengan Surface Pen.

Surface Book 3 dengan layar 13,5 inci, dibekali dengan dua prosesor yang berbeda. Pilihannya adalah Intel Core i5-1035G7 dengan grafis Iris Plus, atau Intel i7-1065G7 dengan kartu grafis GeForce GTX 1650 Max-Q.

Sedangkan Surface Book 3 layar 15 inci dibekali prosesor Intel Core i7 CPU dan kartu grafis Nvidia GTX 1660 Ti Max-Q yang dapat di-upgrade ke Nvidia Quadro RTX 3000.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Tablet Surface Pro X Pesaing iPad Pro

"Untuk desainer grafis dan profesional yang membutuhkan kekuatan, kami menambahkan Nvidia Quadro RTX 3000," jelas Robin Seiler, Corporate VP Program Management for Devices Microsoft.

Ia menambahkan, perangkat ini akan membantu para profesional yang menggunakan perangkat lunak untuk membuat objek 3D seperti CAD. Bahkan menurutnya, proses render pun akan memakan waktu yang lebih singkat.

"Waktu render akan berkurang sekitar 50 persen," tambah Seiler sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/5/2020).

Microsoft menyebut bahwa Surface Book 3 memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan desainer grafis, teknisi, pengembang, dan pencinta game sebagai target konsumennya.

Oleh karena itulah konfigurasi Surfacebook 3 dapat ditingkatkan dengan RAM berkapasitas maksimal hingga 32 GB serta pilihan penyimpanan PCie NVMe SSD hingga 2 TB.

Microsoft mengklaim bahwa daya tahan baterai Surface Book 3 mencapai 17,5 jam dalam sekali charge.

Baca juga: Saat MacBook Sarankan Beli Microsoft Surface 2

Hal itu artinya pengguna akan sangat diuntungkan lantaran tak perlu terlalu sering mengecas laptopnya. Apalagi mengingat bahwa rata-rata pekerjaan dengan laptop bisa menghabiskan waktu sekitar 9 hingga 10 jam.

Soal harga, Surface Book 3 dengan layar 13.5, RAM 8 GB, dan penyimpanan 256 GB akan dijual mulai 1.600 dollar AS (Rp 24 juta).

Sedangkan untuk Surface Book 3 dengan layar 15 inci, RAM 16 GB, dan penyimpanan 256 GB akan dibanderol dengan harga 2.300 dollar AS atau Rp 34 juta.

Kedua perangkat ini akan mulai dijual secara resmi 12 Mei mendatang. Kendati begitu, belum bisa dipastikan apakah Surface Book 3 akan diboyong ke pasar Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com