Lagi, Menara BTS Dibakar Gara-gara Teori Konspirasi Covid-19

Kompas.com - 11/05/2020, 12:26 WIB
Ilustrasi menara BTS 5G ZDNetIlustrasi menara BTS 5G
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sejumlah menara BTS di bagian utara kota Montreal, Kanada dilaporkan dibakar setelah munculnya teori konspirasi yang menghubungkan antara teknologi 5G dan virus corona beredar lewat platform media sosial.

Teori konspirasi itu antar alain mengklaim bahwa virus corona yang berasal dari China tersebut dikaitkan dengan peluncuran jaringan 5G yang kini tengah digulirkan secara global di sejumlah negara.

Baca juga: Menara BTS di Inggris Dibakar Massa karena Hoaks Virus Corona

Mariepier Des Lauriers, juru bicara untuk kota Prevost -tempat salah satu menara BTS dibakar- mengatakan bahwa dalam beberapa pekan terakhir memang ada banyak warganya yang mengemukakan teori konspirasi tak berdasar yang menghubungkan 5G dengan Covid-19.

"Ini bukan pertama kalinya orang-orang dibuat khawatir oleh kabar bohong atau hal-hal yang mereka lihat di internet," ujar Des Lauriers, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Global News, Senin (11/5/2020).

Selain Prevost, pembakaran menara BTS juga terjadi di daerah Piedmont dan Laval. Polisi menduga pembakaran dilakukan secara sengaja dan tengah melakukan penyelidikan dan mengidentifikasi siapa saja pelaku yang terlibat dalam kasus pembakaran itu.

Dalam salah satu perkembangan terbaru pekan lalu, jumlah menara BTS yang dibakar sudah mencapai 7 buah. Polisi berhasil membekuk dua orang tersangka yang diduga membakar dua menara terakhir di Saint-Jerome dan Blainville.

Baca juga: YouTube Janji Hapus Video Penyebab Warga Inggris Bakar Menara 5G

Teori konspirasi yang menghubung-hubungkan teknologi 5G dan virus corona banyak beredar di internet. Tudingannya antara lain bahwa virus corona merupakan kedok untuk menggulirkan 5G, hingga tuduhan tak masuk akal bahwa Covid-19 muncul gara-gara 5G.

Sebelumnya, kejadian semacam ini sudah terjadi di Inggris, di mana setidaknya 50 menara BTS menjadi korban pembakaran terkait hoaks teori konspirasi Covid-19. Di Belanda, belasan menara BTS bernasib serupa. Pembakaran juga dilaporkan terjadi di Irlandia dan Belgia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X