Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 12 Disebut Akan Memiliki Layar 120 Hz

Kompas.com - 12/05/2020, 03:25 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Layar smartphone dengan refresh rate 120 Hz saat ini semakin menjadi tren di kalangan pabrikan ponsel pintar.

Apple pun kabarnya akan mengadopsi kemampuan layar tersebut untuk dibenamkan pada jajaran iPhone 12 mendatang.

Kabar tersebut diungkap oleh pembocor gadget kenamaan, Max Weinbach, yang dimuat dalam sebuah video di YouTube oleh kanal EverythingApplePro.

Tak hanya itu, menurut bocoran tersebut, layar iPhone 12 disinyalir bakal dikombinasikan dengan fitur ProMotion display.

Diketahui, ProMotion display adalah salah fitur andalan yang hadir di iPad Pro. Fitur ini memungkinkan layar bisa menyesuaikan refresh rate dengan kebutuhan perangkat secara otomatis guna menghemat daya.

Baca juga: Situs Apple Indonesia Sudah Pajang Foto iPhone SE 2020

Apabila kabar tersebut benar adanya, maka deretan iPhone 12 akan menjadi iPhone pertama yang dibekali dengan layar berteknologi tersebut.

Sebelumnya, trio iPhone 11 yang dirilis tahun lalu, masih dibekali layar dengan refresh rate 60 Hz. 

Sementara fitur ProMotion display sendiri hanya tersedia eksklusif di iPad Pro selama beberapa tahun.

Meski demikian, layar dengan angka refresh rate 120 Hz tersebut konon hanya akan tersedia pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max saja.

Artinya, iPhone 12 "reguler" kemungkinan bakal memakai refresh rate standar alias 60 Hz. Sebagai informasi, layar 120 Hz biasanya diadopsi oleh ponsel gaming.

Selain itu, dalam bocoran yang sama, Apple disebut akan memperbarui sejumlah fitur kamera iPhone 12.

Beberapa di antaranya seperti meningkatkan kemampuan kamera telefoto dengan optical zoom 3x, memoles fitur autofocus, hingga mengoptimalkan fitur peredam guncangan ketika merekam video.

Baca juga: Ketika iPhone SE 2020 Disilet, Dibakar, dan Ditekuk

Peningkatan lainnya konon mencakup mencakup dukungan biometrik Face ID dengan sudut pandang lebih lebar, serta kehadiran pemindai objek berupa sensor LiDAR bak iPad Pro 2020, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (12/5/2020).

Kendati demikian, semua fitur yang disebutkan di atas hanya berupa rumor. Apple belum mengumbar informasi mengenai keberadaan suksesor iPhone 11.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com